Ayo Daftar Beasiswa LPDP! Pemerintah Siapkan Dana RP 20,6 T


Pendaftaran Beasiswa LPDP. Pemerintah melalui Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) telah membuka pendaftaran beasiswa LPDP. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah telah menyiapkan dana beasiswa sebesar Rp. 20,6 Triliun. Dana ini tergolong cukup fantastis di bandingkan dengan tahun 2015 kemarin. Dana ini meningkat Rp 5 triliun dengan target akan diberikan kepada 5.000 orang yang mendapatkan beasiswa. 

Profil dan Tujuan dari LPDP. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan mengarahkan segenap usahanya guna mencetak pemimpin masa depan yang tersebar di berbagai bidang. Pengelolaan dana abadi pendidikan ini bertujuan menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi mendatang sebagai pertanggungjawaban antargenerasi. Selain itu, LPDP juga bertujuan mengantisipasi keperluan rehabilitasi pendidikan yang rusak akibat bencana.

LPDP berfokus pada pengembangan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang yang menunjang percepatan pembangunan Indonesia. Beberapa di antara prioritas yang menjadi fokus LPDP antara lain; teknik, sains, pertanian, hukum, ekonomi, keuangan, kedokteran, agama, serta sosial-budaya.


Beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) tahun ini selain mentargetkan pesertanya mencapai 5,000 orang yang akan menerimanya, juga memberikan syarat kepada penerimanya untuk kembali ke Indonesia setelah merampungkan studinya. Jadi, ada ikatan yang harus dijalani oleh penerima beasiswa, mereka bisa kuliah di mana saja, asalkan setelah lulus dari kuliah mereka akan kembali ke negara Indonesia, menerapkan ilmu yang didapat untuk membantu pembangunan di setiap daerah yang membutuhkannya. 

Keterangan ini juga diperkuat oleh pernyataan Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Keuangan setelah menghadiri acara welcoming ALumni LPDP di Hotel Borobudur Jakarta, Senin 1/2/16 kemaren, bahwa dana 20,6 T untuk 5.000 orang tersebut tidak bisa diganggu gugat. Ihwal pembangunan di daerah, ia mengatakan bahwa Indonesia sudah terdesentralisasi. Presiden Joko Widodo, dia mencontohkan, bermula dari Wali Kota Surakarta dan Gubernur DKI Jakarta. "Sekarang sudah desentralisasi, ekonomi masa depan mengarah ke daerah," kata dia.

Menurutnya, Welcoming Alumni Leadership Forum dapat mendekatkan alumni penerima LPDP terhadap kondisi daerah. "Banyak penerima beasiswa ke luar negeri sehingga pemahaman mereka tentang daerah belum ada. Kita tidak bisa mendorong mereka, caranya lebih persuasif," ujar Bambang.

Dalam acara tersebut, Direktur LPDP Eko Prasetyo menandatangani kesepahaman dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dalam mempublikasikan beasiswa LPDP. "MoU itu untuk memperkenalkan beasiswa LPDP ke daerah sehingga ada yang daftar dan merata," kata Eko.

Eko mengatakan pada 2015 terdapat 4.500 penerima LPDP dan saat ini proses pendidikannya masih berjalan. "Yang on going sekitar itu," ujarnya. 

Berdasarkan data LPDP Kementerian Keuangan, sangat kecil penerima beasiswa yang gagal menempuh pendidikan. "Mungkin bisa dihitung dengan jari karena alasan yang tidak bisa ditinggalkan seperti sakit atau profesornya meninggal. Ada juga mundur sebelum berangkat," kata Eko.

Acara tersebut ini dihadiri sejumlah pejabat lain. Tampak hadir Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Sofjan Djalil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir. (sumber: kemendagri.go.id)

Related Posts

Load comments