PTN Terbaik di Indonesia 2016


PTN Terbaik di Indonesia. Perguruan tinggi terbaik di Indonesia sering kali berubah-ubah, kalau tidak Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gajah Mada (UGM). Ketiga universitas tersebut sering kali berebut posisi seperti klasmen di sepak bola. Namun pada tahun 2016 ini, berdasarkan lansiran Webometrics yang telah merangking kampus-kampus di seluruh dunia, Universitas Indonesia (UI) telah menduduki peringkat terbaik perguruan tinggi di Indonesia. 

Jika dilihat dari peringkat dunia, posisi Universitas Indonesia (UI) berada pada urutan 758. Dari data yang sama, posisi Universitas Indonesia (UI) disusul oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berada di urutan 796, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) di urutan 802, Universitas Diponegoro (Undip) di urutan 1.442, Universitas Riau (Unri) diurutan 1.502, kemudian ada Universitas Brawijaya (Unibraw) di urutan 1.526, Intitut Pertanian Bogor (IPB) di urutan 1.538 dan Universitas Padjadjaran (Unpad) di urutan 1.711 level dunia.

Baca Juga:


Kampus terbaik di level dunia menurut Webometrics di pegang oleh Harvard University. kemudian disusul oleh Stanford University, Massachusetts Institute of Technology, University of California Berkeley, Cornell University, dan University of Michigan.

Muhammad Anis, selaku Rektor Universitas Indonesia mengatakan, jika dilihat dari lingkup Asia Tenggara, Universitas Indonesia berada pada urutan ke-13. Salah satu aspek yang mendongkrak poin Universitas Indonesia bisa diakui oleh internasional adalah optimalisasi website Universitas Indonesia. Aspek lain yang menjadi peniliana Webometrics adalah publikasi ilmiah di level nasional maupun internasional.

Selain itu, yang menjadi point penilain webometrics adalah rekaman akses jurnal di search engine google. Akses itu terkait dengan jumlah eksternal link unik. emudian juga akses terhadap dokumen-dokumen karya ilmiah dalam.berbagai format. Anis berharap capaian ini menjadi pelecut semangat sehingga bisa meningkatkan nilai UI di Webometrics.

Itulah tadi seputar informasi mengenai urutan dari rangking di level dunia mengenai universitas terbaik di dunia, dan untuk di indonesia masih di pegang oleh Universitas Indonesia. Jadi, buat kamu yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, data peringkat universitas terbaik di Indonesia tadi bisa dijadikan referensi untuk memilih tempat kuliah yang berkualitas. Semoga informasi tadi bisa membantu. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses.

Related Posts

Load comments