Pedoman Peringatan Hari Bela Negara ke-71 Tahun 2019

Pedoman Peringatan Hari Bela Negara ke-71 Tahun 2019 dari Kemenhan. Kali ini kami akan membagikan Pedoman Peringatan ke-71 Hari Bela Negara Tahun 2019. Setiap tanggal 19 Desember Pemerintah telah menetapkan untuk memperingati Hari Bela Negara melalui Keppres nomor 28 Tahun 2006. Pedoman ini berasal dari Surat Menterian Pertahanan Republik Indonesia tentang Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2019. Pedoman ini dapat dijadikan patokan untuk memperingati hari bela negara tahun 2019. Di dalam pedoman tersebut juga terdapat beberapa contoh dan format untuk pemasangan spanduk dan banner peringatan hari bela negara tahun 2019. 


Download Pedoman Upacara Peringatan ke-71 Hari Bela Negara Tahun 2019. Pada artikel ini kami juga akan memberikan cuplikan isi dari pedoman peringatan bela negara tahun 2019 yang berasal dari surat Menteri Pertahanan untuk instansi-instansi. Selain itu, Anda juga dapat mendownloadnya pada link download yang sudah terdapat di bawah. File pedoman bela negara tahun 2019 berupa file pdf yang dapat anda download secara gratis. 

Berikut ini merupakan cuplikan Surat Edaran dari pemerintah daerah istimewa Yogyakarta yang isinya menyerukan untuk memperingati Hari Bela Negara ke-71 Tahun 2019.



Dibawah ini merupakan cuplikan Peringatan Bela Negara Tahun lalu, untuk tahun 2019 akan langsung kami update linknya.. 

PERINGATAN HARI BELA NEGARA TAHUN 2019


1. Dasar 
a. Pasal 27 ayal  (3)  Undang-Undang  Dasar  Negara  Republik  lndonesia  Tahun 1945, mengamanatkan bahwa  "Setiap  Warga Negara  Berhak  dan  Wajib ikut serta  dalam  upaya  Pembelaan  Negara".
b.  Pasal  9 ayat  (1)  Undang-Undang Nomor  3 Tahun 2002  tentang  Pertahanan Negara, mengamanatkan  bahwa:  Setiap  warga  negara berhak dan wajib  ikut serta  dalam  upaya  bela negara yang  di  wujudkan dalam  penyelenggaraan pertahanan  negara.
c.  Keputusan  Presiden  Nomor  28  Tahun  2006  tentang  Penetapan  ranggal 19 Desember  sebagai  Hari Bela Negara.

2. Sehubungan  dengan  dasar  di atas, disampaikan  bahwa Kementerian  Pertahanan  RI akan melaksanakan kegiatan  Peringatan  ke  71  Hari  Bela Negara  yang  jatuh  pada tanggal  19  Desember  2019,  kegiatan  ini  sebagai  tindak  lanjut  Gerakan Nasional  Bela Negara  yang  telah  dicanangkan  oleh Presiden  Rl Bapak lr.  Joko  Widodo pada  tahun 2014 yang lalu.  Dalam  Peringatan ke 71 Hari Bela Negara  tersebut  dilaksanakan kegiatan  sebagai  berikut:

a.  Upacara  Peringatan  Hari  Bela  Negara yang  dilaksanakan  secara  serentak di tingkat  Provinsi  dan  KabupateniKota  Seluruh lndonesia  pada  tanggal  19 Desember  2018, dengan  melibatkan  seluruh  komponen  bangsa  sebagai Peserta  Upacara  dengan  lnspektur  Upacara  Kepala  Daerah.


3. Berkaitan dengan  hal tersebut,  mohon  Bapak  Mendagri  berkenan  menyampaikan  dan menghimbau  kepada Gubernur/Bupati/Walikota  di seluruh  lndonesia  untuk melaksanakan  beberapa  kegiatan  sebagai  berikut:

a.  Melaksanakan  Upacara  Peringatan  ke 71 Hari Bela Negara pada  tanggal  19 Desember  2019, yang  dilaksanakan  di masing-masing  Daerah provinsi/ Kabupaten Kota  dengan dipimpin oleh  Kepala Daerah dengan  susunan acara terlampir.

c.  Memasang  Banner,  spanduk  dan/atau  baliho  pada Peringatan  ke  71  Hari Bela Negara mulai tanggal  1 sampai dengan  31 Desember 2019 yang  bertemakan
"Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat"  (contoh  Banner  berdiri dan  Spanduk serta Slogan/Tagline  terlampir).

Demikian  atas  kerjasamanya  diucapkan  terima  kasih.

URUTAN  UPACARA
PERINGATAN  KE 71 HARI  BELA  NEGARA 2019

A. ACARA  PERSIAPAN
1.  PersiaPan Pasukan
2.  Pasukan  Upacara  memasuki  Tempat  Upacara
3.  Komandan  Upacara  memasuki  Lapangan  Upacara

B. ACARA  PENDAHULUAN
1. Laporan  Penvira  Upacara  kepada  lnspektur  Upacara
2. lnspektur  Upacara  menuju  Mimbar  Upacara

C. ACARA POKOK
  1. Penghormatan  Pasukan
  2. Laporan  Komandan  Upacara  kepada  lnspektur  Upacara
  3. Mengheningkan  Cipta dipimpin  oleh  lnspektur  Upacara
  4. Pembacaan  lkrar  Bela  Negara oleh  Perwakilan  yang  ditunjuk
  5. Amanat  lnspektur  Upacara  (membacakan  Amanat  Presiden  Rl)
  6. Menyanyikan  Mars  Bela  Negara oleh  seluruh  peserta
  7. Pembacaan  Doa
  8. Laporan  Komandan  Upacara  kepada  lnspektur  Upacara
  9. Penghormatan  Pasukan  kepada  lnspektur  Upacara
  10. lnspektur  Upacara  meninggalkan  Mimbar  Upacara
  11. Komandan  Upacara  meninggalkan  Lapangan  Upacara
  12. Upacara  Selesai


D.  ACARA  TAMBAHAN  (dapat  dikembangkan  sesuai  dengan  potensi  Daerah) 
Acara  tambahan  dapat  berupa  panggung  budaya  dan  seni,  demontrasi  atau  acara lainnya  sesuai  dengan  kesiapan  dan  kemampuan  Daerah.
Download Juga: Pidato Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2018
IKRAR BELA NEGARA

KAMI  WARGA NEGARA  INDONESIA,  MENYADARI  SEPENUHNYA  BAHWA' I]ALAM  RANGKA  MENJAGA  KEDAULATAN  NEGARA,  KEUTUHAN  WILAYAH, DAN KESELAMATAN  BANGSA  DEMI  KELANGSUNGAN  HIDUP  NEGARA I(ESATUAN  REPUBLIK  INDONESIA,  BERJANJI  IJNTUK  SELALU BERSIKAP DAN BERPERILAKU  :
1. MENCINTAI  TANAH  AIR
2  MEMILIKI  KESADARAN  BERBANGSA  DAN BERNEGARA
3.  SETIA  PADA  PANCASILA  SEBAGAI  IDEOLOGI  NEGARA
4. RELA BERKORBAN  BAGI  BANGSA  DAN NEGARA
5  MEMILIKI  KEMAMPUAN  AWAL  BELA NEGARA

Mars Bela Negara
Download Juga: Doa Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2018
Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi yang terdapat dalam File Pedoman Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2018 yang berasal dari Surat Menteri Pertahanan Republik Indonesia kepada Provinsi, daerah maupun instansi-instansi lain. Semoga file yang kami bagikan ini bisa bermanfat dan berguna bagi yang membutuhknnya. Sekian Terimakasih. 

Related Posts

Load comments