Kemenristekdikti sediakan 60 ribu Beasiswa Bidikmisi Tahun 2016

Beasiswa Bidikmisi 2016 – Informasi beasiswa bidikmisi sudah banyak sekali di dunia maya meski belum sempat dibuka pendaftarannya oleh Kemenristekdikti. Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi ini biasanya dibuka sekitar awal bulan Februari 2016. Jadi bagi siswa yang berminat untuk mengikuti program beasiswa bidikmisi dari Kemenristekdikti dan sesuai dengan syarat program bidikmisi 2016 bisa mempersiapkan dirinya mulai dari sekarang. Carilah informasi mengenai persyaratan pendaftaran dan tatacara pendaftaran, dokumen apa sajayang dibutuhkan sehingga pada hari dibukanya pendaftaran, semuanya sudah beres dan tinggal mengajukan, jadi kalian bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional Terlebih dahulu. 


Program Bidikmisi Tahun 2016 – Pada Tahun 2016 ini Kemenristekdikti berencana akan segera meluncurkan program paket Bidikmisi tahun akademik 2016/2017 sebanyak 60 ribu beasiswa bagi siswa yang berprestasi namun tergolong dalam kategori siswa yang orang tuanya kurang mampu dalam hal finansial. Pembukaan pendaftaran Bidikmisi tahun 2016 ini akan dilaksanakan pada tanggal 01 Februari 2016. Berikut informasi lengkap dari Kemenristek dikti yang kami lansir dari jurnalis okezone.

Baca Juga:

"Program Bidik Misi tahun ini segera kami luncurkan," kata Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Dikti, Widyo Winarso dalam Forum Komunikasi Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta Jatim, di Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya.

Dia mengatakan, tahun ini Kemristekdikti menyediakan kuota 60 ribu beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, namun kurang mampu secara finansial. Kuota tersebut hampir sama dengan tahun lalu.


"Untuk besaran beasiswa yang diterima mahasiswa Bidik Misi sebesar Rp12 juta per tahun setiap mahasiswa. Artinya setiap semester dijatah Rp6 juta dengan rincian Rp3,6 juta untuk biaya hidup dan Rp2,4 juta untuk biaya kuliah," katanya.

Widyo mengakui, pihaknya sudah mengusulkan kenaikan bantuan beasiswa Bidikmisi ke DPR RI untuk biaya hidup tahun ini sebesar Rp1 juta per bulan setiap mahasiwa. Namun usulan itu ditolak dan akhirnya besaran beasiswa tidak berubah sejak pertama kali diluncurkan.

"Mahasiswa penerima Bidikmisi harus mampu menuntaskan pendidikannya tepat waktu. Jika menempuh program sarjana (S-1), mahasiswa wajib lulus dalam waktu empat tahun. Sedangkan yang tidak ada pendidikan profesinya, setelah empat tahun biaya dari Dikti otomatis terputus," jelasnya.

Menurut dia, perguruan tinggi yang terletak berada di Pulau Jawa, terutama swasta harus memiliki akreditasi A yang bisa menerima mahasiswa Bidikmisi, sedangkan di luar Jawa diperbolehkan terakreditasi B.

Rektor Unipa Surabaya, Djoko Adi Walujo menuturkan dalam menerima mahasiswa Bidikmisi mementingkan kejujuran mahasiswa yang dipilih sesuai kriteria, seperti lemah dari sisi finansial, namun mampu dari segi akademis.

"Kami ada tim survei, tim penjaringan tersendiri, bahkan tugasnya mengecek kondisi rumah mahasiswa karena jangan sampai mampu, namun mendapat program Bidikmisi, dan jangan sampai ada hubungan dengan orang dalam kampus," terangnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, pada 2015 ada 10 lebih mahasiswa Bidikmisi di kampusnya dan berharap besaran nominal bisa ditambah oleh pemerintah.

Itulah tadi berita seputar rencana peluncuran Pendaftaran program Bidikmisi tahun 2016 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 1 Februari pekan depan. Bagi kalian yang tergolong dari siswa yang bisa mendaftar program beasiswa bidikmisi 2016 bisa lansung mempersiapkan data dan berkas-berkas yang diperlukan mulai dari sekarang. Jangan pernah menyerah, tetap semangat dan semoga berhasil.

Related Posts

Load comments