Langkah Menyiapkan SURAT LAMARAN yang Baik

Langkah membuat surat lamaran

Menyiapkan Surat Lamaran yang Baik. Surat lamaran adalah surat yang dikirimkan kepada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru sebagai permohonan untuk bisa terima di perusahaan tersebut. Untuk membuat surat lamaran yang baik dan bisa menarik dibutuhkan tips dan trik khusus, terkadang orang membuat surat lamaran kerja asal-asalan, dan selalu melihat surat lamaran pada umumnya, sehingga surat lamaran tersebut kurang menarik jika dibaca oleh pihak perusahaan. Maka dari itu, banyak sekali orang yang mengirimkan surat lamaran kerja ke beberapa perusahaan namun tidak kunjung jua mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja. 

Membuat Surat Lamaran Kerja Menarik. Surat lamaran kerja merupakan kesan pertama para pelamar kerja. Karena pihak perusahaan mengetahui calon pelamar kerja awalnya dari sebuah surat lamaran kerja tersebut, jika surat lamaran kerja tidak ada kesan yang membuat pembacanya penasaran dan tertarik untuk mengetahui pembuatnya secara langsung, maka kesempatan untuk dipanggil wawancara tidak ada. Banyak sekali orang yang mengirimkan lamaran kerja namun tidak ada panggilan untuk wawancara kerja. Untuk mengetahui alasannya, Bacalah artikel berikut: Alasan pelamar kerja tidak juga dipanggil wawancara

Langkah-langkah Menyiapkan Surat Lamaran Kerja. Berikut ini ada beberapa langkah yang telah disajikan khusus oleh tim bangsaku.web.id untuk pengunjung setia, Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan paling tidak menambah pengalaman kalian dalam membuat surat lamaran kerja. 

 Mengalamatkan Tujuan Surat 
  1. Alamatkan pada pimpinan perusahaan lengkap dengan nama dan jabatan
  2. Alamatkan pada pimpinan bagian yang bersangkutan 
Membangkitkan kejutan
  1. Membangkitkan minat pembaca sampai akhir
  2. Spesial untuk perusahaan yang dimaksud. Sifatnya: Gebrakan, Kontak pribadi, Maju ke depan dan informasi spesifik perusahaan. 
Meringkas Pengalaman Terkuat
  1. Tuliskan pengalaman paling relevan(sesuai dengan posisi yang dibutuhkan perusahaan) dan kuat untuk menyakinkan.
Menandai Sasaran
  1. Tulislah secara jelas posisi yang akan dilamar, jangan melamar untuk dua atau lebih posisi, karena itu akan menunjukkan bahwa Anda kurang serius dan plinpan.
Menanyakan kesempatan wawancara 
  1. Kapan kesempatan wawancara
  2. Kapan kita siap, dimana dihubungi.
Mengakhiri Surat
  1. Sampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan, dan sampaikan permohonan dikabari untuk panggilan wawancara

Menutup dan Menandatangani
Hormat saya,
Agung Baskara, SE (font 12)
Jl. KH. Wahid Hasyim Banyuwangi (font 10)
 Mencantumkan Alamat kita
  1. Tuliskan alamat lengkap, kode wilayah dan telepon
  2. Cantumkan alamat di Amplop surat dan dibawah tanda tangan.
Hal penting lain yang perlu diperhatikan
  1. Kertas yang digunakan adalah warna putih, boleh warna halus/tipis-kuning, hijau, biru. Dan ukuran yang baik adalah Kwarto (28x21,5) 80 grm. HVS 80 grm.
  2. Surat lamaran yang baik maksimal 1 halaman 

Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan terbukti - Silahkan download file contoh surat lamaran kerja yang baik dan terbukti DISINI. File tersebut berupa file Microsoft Word dengan format .docx dan bisa langsung digunakan untuk melamar pekerjaan, hanya tinggal mengubah nama dan beberapa atribut lain, sesuaikan dengan perusahaan yang dilamar. Semoga file tersebut bisa bermanfaat bagi para pelamar kerja. 

Hal yang harus dihindari ketika membuat surat lamaran kerja

JANGAN.....!!!!!
  • Melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasinya dan tidak mampu. Misalnya Anda adalah seorang fresgraduate fakultas ekonomi jurusan akuntansi, di lowongan dibutuhkan seorang Akuntan dan Manager Personalia. Karena gaji Manager Personalia lebih besar, sehingga Anda memilih untuk melamar di posisi Manager Personalia. Hal itu tidak disarankan dan kalau bisa jangan sampai seperti itu.
  • Mengirim surat dengan Tulisan tangan atau foto copy. (Kecuali jika diminta untuk mengirimkan surat lamaran dalam bentuk tulisan tangan), biasanya surat lamaran untuk CPNS menggunakan tulisan tangan, untuk melihat format surat lamaran untuk CPNS, bisa KLIK DISINI.
  • Melamar dengan pekerjaan apapun. Posisi yang dilamar haruslah spesifik.
  • Menggunakan kata-kata Boombastis/ Asing.
  • Mengeluh mengenai pekerjaan, atasan perusahaan yang lama, memancing belas kasihan, misalnya mengenai masalah keluarga, pacar dan lain sebagainya.
  • Berkomentar langsung mengenai karakter kita.

Yang harus dilakukan terhadap surat lamaran yang sudah kita kirimkan ke perusahaan adalah;

  1. Pantau terus surat lamran yang sudah masuk ke perusahaan
  2. Kontrok terus jalan hidup kita.
Tidak mengeluh
Lakukan hal yang bisa dilakukan selama masih belum mendapatkan kerja
Jangan lakukan yang ada di pikiran kita. 

Related Posts

Load comments