Pedoman Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019

Pedoman Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019. Sehubungan dengan akan diperingatinya Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 maka kami ikut membagikan informasi mengenai Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 yang berisi tentang Tema dan Logo Hardiknas Tahun 2019 serta Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019.  Selain itu, Pada Surat Edaran dari Kemdikbud juga disampaikan bahwa Pemerintah menetapkan bulan Mei Tahun 2019 sebagai Bulan Pendidikan dan kebudayaan, yang diperingati dengan kegiatan-kegiatan bernuansa pendidikan dan kebudayaan sejak bulan April 2019 dengan konsep pelibatan semua unsur masyarakat serta memasang spanduk atau publikasi berisi tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019. Serta melaksanakan upacara bendera secara serentak pada hari Kamis, 2 Mei 2019 pukul 08.00 waktu setempat, yang akan diatur lebih lanjut dalam pedoman pelaksanaan upacara bendera. 

Selain melaksanakan upacara bendera memperingati hari pendidikan nasional, diharapkan setiap institusi pada tanggal 2 Mei 2019 dapat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menyemarakkan peringatan hari Pendidikan Nasional tahun 2019. Pada surat edaran tersebut juga disampaikan anjuran kepada Gurbernur dan Bupati/Walikota untuk berkenan melakukan ziarah ke taman makam pahlawan di daerahnya masing-masing. Berikut ini kami berikan cuplikan isi dari file pedoman hardiknas 2019;

PEDOMAN PELAKSANAAN UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2019


A. Latar Belakang
Ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memilik jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Naional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk keseragaman dan tertibnya penyelenggaraan upacara bendera dalam rangka peringatan hari pendidikan Nasional tahun 2019 ini, perlu diterbitkan pedoman pelaksanaan upacara bendera.

B. Tujuan , Sasaran, Tema, dan Logo
Tujuan
  1. Memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan pentingnya dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa; 
  2. Mengingat kembali pada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa; 
  3. Meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan. 


Sasaran
Semua insan pendidikan antara lain; pemangku kepentingan dan karyawan di lingkungan Kemendikbud baik di pusat maupun di daerah; pemangkau kepentingan dan karyawan di Lingkungan Kemristek Dikti; Kemenag; KBRI; pemerintah daerah; satuan pendidikan; serta institusi penyelenggara pendidikan.

Tema
Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan"

Logo
Logo peringatan hari pendidikan nasional tahun 2019 dapat diunduh pada laman www.kemdikbud.go.id atau dengan cara Klik LINK INI.
Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019

C. Pelaksanaan Upacara Bendera Hardiknas 2019
(Untuk pelaksanaan upacara bendera Hardiknas di pusat, daerah dan lainnya Anda bisa melihat selengkapnya pada file pedoman berbentuk pdf yang bisa anda download pada link download di paling bawah).

Berikut ini kami sampaikan pedoman pelaksanaan upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 untuk instansi Sekolah/Madrasah; 
Baca Juga: Pidato/Sambutan Hari Pendidikan Nasional dari Kemendikbud / Kemenristekdikti
Pembina upacara: Kepala Sekolah
Waktu Upacara : Jam masuk sekolah (jam 08.00)
Tempat Upacara  : Ditetapkan kepala sekolah
Peserta Upacara:
  • Kepala sekolah selaku pembina upacara; 
  • para karyawan di sekolah; 
  • para guru dan siswa; 

Pakaian upacara:
  • Kepala sekolah dan guru mengenakan seragam guru; 
  • pegawai sekolah mengenakan seragam pegawai; 
  • Siswa memakai pakaian seragam sekolah

Susunan Acara Upacara Bendera Hardiknas Tahun 2019;
  1. Pembina upacara memasuki lapangan upacara: 
  2. Penghormatan kepada pembina upacara, dipimpin oleh pemimpin upacara; 
  3. Laporan pemimpin upacara; 
  4. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan bersama; 
  5. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara; 
  6. Pembacaan Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara; 
  7. Pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  8. Pembacaan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh Pembina Upacara; 
  9. Menyanyikan lagu wajib belajar (Cipt. RN Sutarmas/H.Winarno) oleh paduan suara; 
  10. Pembacaan Do'a
  11. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara; 
  12. Penghormatan kepada pembina upacara, dipimpin oleh pemimpin upacara; 
  13. Pembina upacara meninggalkan tempat upacara; 
  14. Upacara Bendera selesai, barisan dibubarkan.
Baca Juga: Do'a Upacara Hari Pendidikan Nasional dari Kemendikbud 2019
E. Penutup
Demikian pedoman ini kami informasikan untuk dijadikan acuan dalam penyelenggaraan upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; Kementrian riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; Kementerian Agama; Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri; pemerintah daerah; seluruh unit pelasana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; satuan pendidikan; serta institusi penyelenggara pendidikan di Indonesia.

Itulah tadi beberapa cuplikan isi dari Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 yang jatuh pada Tanggal 2 Mei 2019. File Pedoman yang asli dari Kemendikbud dapat Anda unduh pada link download di bawah ini. Semoga file pedoman pelaksanaan upacara ini dapat bermanfaat juga berguna bagi Anda semua. Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan apabila ada sesuatu hal yang kurang kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Link Download: 

Related Posts

Load comments