Lowongan Penulis Soal Nasional bagi Guru

Lowongan Penulis Soal Nasional bagi Guru

Lowongan Penulis Soal Nasional bagi Guru - Pada bulan Mei tahun 2016 ini Pemerintah membuka lowongan bagi guru untuk menjadi Penulis Soal Nasional. Informasi tersebut langsung disampaikan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dimana mereka membuka kesempatan bagi guru-guru di seluruh tanah air Indonesia untuk dapat berpartisipasi menjadi penulis soal nasional. Apabila Anda adalah salah satu guru yang tergolong gemar membuat soal dan ingin berpartisipasi dalam pembuatan soal untuk beberapa ujian tingkat nasional, silahkan aja untuk mendaftar via online. 

Pendaftaran Penulis Soal Nasional - Bagi para guru-guru di seluruh wilayah Indonesia, Marilah kita semua membangun kulaitas pendidikan di negara indonesia ini, salah satunya adalah dengan cara menjadi Penulis Soal nasional. Penilaian sangatlah menentukan arah pembelajaran di sekolah. Penilaian yang berkualitas akan mendorong pembelajaran menjadi berkualitas. Oleh karena itu, intrumen penilaian merupakan faktor penentu kualitas pendidikan. 

Dalam rangka menghasilkan instrumen penilaian yang berkualitas, Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengundang Saudara yang berkomitmen untuk menjadi penulis soal nasional demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.


Persyaratan Calon Guru Penulis Soal Nasional

  1. Guru pada jenjang SMP/MTS yang mengajar mata pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi dan Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Guru pada jenjang SMA/MA yang mengajar mata pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Antropologi dan Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Guru pada jenjang SMK yang mengajar mata pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (Semua guru yang mengajar pada mata pelajaran tadi harus dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah)
  4. Guru yang berpengalaman mengajar minimal 5 (lima) tahun
  5. Minimal lulusan S1/D4 dari jurusan yang sesuai dengan bidang studi yang diampu.
  6. Guru yang mampu menggunakan komputer, internet, dan program pengolah kata Microsoft Word.
  7. Guru yang tidak mengajar dan berafiliasi dengan bimbingan belajar.
  8. Guru yang berkomitmen menulis soal berkualitas untuk peningkatan mutu pendidikan.
  9. Guru yang berkomitmen menjaga kerahasiaan soal beserta seluruh perangkat terkait upaya mencapai penilaian yang berkualitas.

Pendaftaran online dilaksankan dengan cara mengisi biodata secara online sesuai dengan data yang dibutuhkan oleh panitia seleksi. 

Pendaftaran bisa dilakukan mulai tanggal 1 s.d. 10 Mei 2016. Pendaftaran dilaksanakan secara GRATIS dan TIDAK ADA PUNGUTAN BIAYA. Untuk daftar Online Anda bisa klik link ini: Daftar Online

Setelah melakukan pendaftaran Online, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah:
  1. Memastikan Surat Keterangan Kepala Sekolah sudah dilengkapi dengan: nomor surat, lama mengajar, tanda tangan, dan dibubuhi stempel kepala sekolah (selanjutnya di-scan).
  2. Memastikan Surat Pernyataan Komitmen sudah ditandatangani (selanjutnya di-scan).
  3. Menulis soal sesuai dengan Format dan Kaidah Penulisan Soal.
  4. Kirim berkas yang sudah di-scan beserta soal melalui email ke: 
  5. banksoaldaerah@kemdikbud.go.id dengan subjek: Seleksi Penulis Soal-Nama Anda, paling lambat tanggal 13 Mei 2016.

Kriteria Penilaian Adalah sebagai berikut:
  • Kelengkapan berkas Surat Keterangan Kepala Sekolah dan Surat Pernyataan Komitmen.
  • Memenuhi syarat (lama mengajar minimal 5 tahun, kesesuaian mata pelajaran yang diampu dengan jurusan, tidak mengajar atau berafiliasi dengan bimbingan belajar).
  • Soal yang ditulis sudah sesuai dengan format dan kaidah penulisan soal serta berkriteria Higher Order Thinking Skill.

Itulah tadi informasi mengenai Pendaftaran Seleksi Penulis Soal Nasional yang telah dikeluarkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditujukan kepada guru-guru di seluruh indonesia untuk menjadi Penulis Soal Nasional. Apabila Anda termasuk guru yang memenuhi syarat untuk mendaftar menjadi penulis soal nasional, jangan melewatkan kesempatan emas ini, buruan daftar saja. Namun, sebelumnya untuk berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Jika semua sudah lengkap, silahkan untuk mendaftar secara online pada halmaan ini: Pendaftaran Seleksi Penulis Soal.

Selamat Mencoba, Semoga Sukses...

Related Posts

Load comments