Ide Bisnis Sampingan untuk Pelajar di Sekolah

Ide Bisnis sampingan pelajar di sekolah

Ide Bisnis Sampingan untuk Pelajar. Berwirausaha adalah salah satu jalan untuk mengatasi masalah pengangguran di negara Indonesia. Angka pengangguran di negara Indonesia sangat tinggi, karena kebanyakan masyarakat indonesia setelah menempuh pendidikan mereka inginnya menjadi tenaga kerja. Sedikit dari mereka yang membuka usaha baru yang dapat menyerap beberapa tenaga kerja baru. Berwirausaha tidak harus dilakukan oleh orang yang sudah tua. Sebagai pelajar, kamu juga bisa belajar membuka usaha kecil-kecilan guna untuk belajar mandiri dan menambah uang saku. 

Sebagai pelajar, belajar membuka usaha kecil-kecilan adalah hal yang positif. Dengan merasakan bagaimana susahnya mencari uang, dia akhirnya mampu menghargai uang dan tidak menjadi anak yang boros dan suka meminta-minta kepada orang tua. Anak yang belajar berwirausaha mulai dari pelajar, entah itu dari SMP, SMA dan kuliah akan berbeda dengan anak-anak yang tidak pernah menjalankan usaha. Secara psikologis mereka lebih mandiri dan dewasa dalam menentukan pilihan. Maka dari itu, orang harus mendukung anaknya yang ingin belajar berwirausaha meskipun masih sebagai pelajar. 
Ide bisnis sampingan bagi pelajar. Bisnis yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar adalah bisnis yang tidak memerlukan modal besar dan resiko besar. Karena masih dalam proses belajar, jadi jangan terlalu berani mengambil resiko dengan meminta kepada orang tua modal yang terlalu besar. Mulailah belajar bisnis dari mulai yang kecil-kecil, jika sudah lancar bisa mencoba ke bisnis yang agak besar. 

Ide Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Pelajar



Berikut ini adalah beberapa ide bisnis sampingan yang cocok dan mungkin dilakukan oleh seorang pelajar yang masih menempuh dunia pendidikan:

Berjualan Pulsa Elektronik

Seiring dengan perkembangan zaman, hampir semua anak pelajar di indonesia sudah memiliki peralatan komunikasi sendiri, bahkan perlatan yang mereka pakai tergolong canggih-canggih, meskipun sudah ada peraturan dilarang membawa HP di sekolah, namun masih ada saja yang membawanya dengan sembunyi-sembunyi. Bisnis pulsa ini bisa dilakukan oleh para pelajar mulai dari tingkat SMP, SMA sampai kuliah. Banyak teman-teman sesama pelajar yang membutuhkan pulsa elektronik setiap harinya, karena efek kedekatan biasa mereka memilih untuk membeli pulsa kepada temannya sendiri. 

Berjualan aksesories

Anak muda tidak terlepas dari fashion dan gaya. Banyak anak muda yang tergolong ke dalam pelajar yang suka membeli aksesories-aksesories untuk menambah penampilannya supaya gaya. Bisnis seperti ini bisa dilakukan dengan cara menawarkan aksesories-aksesories update yang sering dicari anak mudah zaman sekarang. Jadi, barangnya kalau bisa harus update dan harganya tidak terlalu tinggi. Karena jika terlalu mahal, maka tidak akan ada yang membelinya karena mereka tidak membawa uang sebanyak itu ke sekolah. 

Berjualan Makanan Ringan

Seorang pelajar tidak dapat terhindar dari namanya makanan ringan, saat istirahat yang dicari oleh para pelajar adala makanan ringan. Seorang pelajar bisa saja berbisnis menjual makanan ringan ke teman-teman sekelasnya atau bahkan ke teman satu sekolahan. Makanan ringan tersebut tidak harus di bawa ke dalam tasnya, namun bisa dititipkan kepada pemilik kantin sekolah, pada saat pulang sekolah tinggal menghitung jumlah makanan ringan yang berhasil terjual berapa dan sisanya berapa. 

Menjual Jasa Penerjemah 

Bisnis jasa penerjemah bahasa asing ini bisa saja dilakukan oleh para pelajar. Zaman sekarang sudah terdapat mesin penerjemah online bahkan google juga menyediakan halaman yang khusus digunakan untuk menterjemahkan berbagai macam bahasa di dunia ini, namun jika yang diterjemahkan banyak seperti satu paragraf dengan banyak kata, maka harus di edit dan disesuaikan susunannya. Kamu bisa menawarkan jasa menterjemahkan ini kepada teman-teman dekat dahulu, setelah itu bisa menawarkan kepada satu sekolahan, atau ditawarkan lewat media sosial. 

Membuka Jasa Pengetikan

Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, semua tugas-tugas anak-anak sekolah harus diketikkan di komputer dan kemudian di print. Dari situlah kamu dapat menawarkan jasa pengetikan kepada teman-temanmu yang ingin mengerjakan tugas. Usaha jasa pengetikan ini biasanya dapat dilakukan oleh anak-anak SMA dan kuliahan. Namun, tentunya kamu harus dapat mengetik cepat dengan sepuluh jari dahulu supaya dapat mengerjakan pesanan dengan cepat. 

Membuka Jasa Les Privat

Les Privat adalah hal yang sangat mudah dilakukan anak-anak SMA dan kuliah untuk menawarkan kepintarannya dalam mengerjakan soal-soal ujian di sekolah. Usaha seperti ini banyak dilakukan oleh anak-anak SMA dan kuliahan kepada adek-adek kelasnya ataupun kepada anak-anak kecil di sekolah dasar untuk membantu mereka dalam mempelajari pelajaran sekolah. 
Itulah tadi beberapa Ide Usaha yang dapat dikembangkan oleh para pelajar di sekolahannya. Namun sebenarnya masih banyak ide-ide yang dapat dijalankan untuk berwirausaha, semua itu tergantung dari jiwa para pelajar. Jika mereka mempunyai jiwa entrepreneur, banyak peluang yang bisa didapatkan untuk membuka bisnis di sekolahan. akan tetapi, tugas utama dari seorang pelajar di sekolah adalah belajar. Jadi, jangan sampai bisnis yang kalian jalankan mengalahkan belajar di sekolah. 

Selamat Mencoba dan Semoga Sukses....

Related Posts

Load comments