Beasiswa S1 Santri Berprestasi Tahun 2016

Beasiswa S1 Santri Berprestasi 2016 - Informasi Pendaftaran Beasiswa S1 Santri Berprestasi kali ini datang dari Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama. Para santri yang akan lulus dari Madrasah Aliyah dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (Perguruan Tinggi) bisa mendaftar untuk mengikuti program beasiswa santri berprestasi ini. Beasiswa ini dapat digunakan untuk menempuh di perguruan tinggi islam ataupun umum. Namun, dalam kategori Teknologi dan Sosial Humaniora. 

Beasiswa S1 Santri Berprestasi

Di dalam program beasiswa santri berprestasi ini, fasilitas yang akan diperoleh bagi peserta yang lolos adalah fasilitas biaya kuliah, biaya hidup sampai kepada tunjangan lainnya yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. selain itu para santri juga akan mendapatkan berbagai pelatihan dan pengembangan diri. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar, syarat yang utama adalah harus merupakan santri dari ponpes yang memiliki Nomor Statstik Pondok Pesantren (NSPP), lulus dari MA tahun 2016 dan memiliki usia maksimal 20 tahun pada tahun 2016 ini. Pendaftaran dibuka Sampai tanggal 22 April 2016, santri dapat mendaftar secara online di website: pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id. untuk informasi lebih lengkapnya lagi mengenai program beasiswa ini, simak informasi di bawah ini:

Program Beasiswa Santri Berprestasi tahun 2016

Program Beasiswa Santri Berprestasi disingkat menjadi PBSB adalah sebuah program afirmatif perluasan akses santri untuk melanjutkan studi sarjana dan profesi melalui suatu program yang terintegrasi mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi khusus bagi santri, serta pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri yang memenuhi syarat, sampai dengan pembinaan masa studi dan pembinaan pengabdian setelah lulus. 


Adapun tujuan dari program beasiswa ini adalah sebagai pemberdayaan sosial bagi santri melalui upaya memperluas akses bagi santri berprestasi yang memiliki kematangan pribadi, kemampuan penalaran, dan prestasi untuk memperoleh pendidikan tinggi, melalui tindakan afirmatif dalam seleksi masuk perguruan tinggi. Tidak sedikit para santri yang mempunyai kemampuan luar biasa, kecerdasan yang imajiner, namun mereka terhalang untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kedepannya, mereka diharapakan menjadi pelopor bangsa yang siap mengabdi kepada pondok pesantren dan negeri Indonesia tercinta;

Alokasi anggaran Bantuan Beasiswa Santri Berprestasi Tahun Anggaran 2016 merupakan bagian dari alokasi anggaran Program Beasiswa Santri Berprestasi yang berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktur Jenderal Pendidikan Islam Tahun Anggaran 2016 Nomor SP DIPA-025.04.1.426302/2016 Tanggal 07 Desember 2015, Kode Kegiatan 2128.022.401.061. F. Mata Anggaran 521219. Sejumlah Rp. 35.000.000.000 (Tiga Puluh Lima Miliyar Rupiah)

Ketentuan dan Persyaratan Pendaftaran:

Calon Peserta PBSB adalah:
  1. Santri yang bersekolah pada tingkat akhir dan lulus pada tahun 2016 di Madrasah Aliyah (MA) yang berada dinaungan pondok pesantren; atau
  2. Santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dan ijazah paket C pada tahun 2015 dan 2016 yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, khusus pilihan studi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam;
  3. Santri yang bersekolah pada tingkat akhir dan lulus pada tahun 2016 di MA yang berada dinaungan pondok pesantren, atau Santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, yang hafal (hafidz) minimal 10 juz, khusus bagi pilihan studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Kriteria Umum Peserta:
a. Santri mukim minimal 3 tahun berturut-turut;
b. Berusia maksimal (per 1 Juli 2016): 
   - 20 tahun untuk santri tingkat akhir pada MA (lahir pada tanggal 1 Juli 1996, 2 Juli 1996, dan    seterusnya);
    - 23 tahun untuk santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang  diselenggarakan oleh pondok pesantren(lahir pada tanggal 1 Juli 1993, 2 Juli 1993, dan seterusnya).
c. Memiliki prestasi akademik yang baik dan akhlaq yang terpuji;
d. Sangat diutamakan yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Itulah tadi informasi mengenai Beasiswa S1 santri berprestasi tahun 2016 ini, mudah-mudahan informasi tadi dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, Anda bisa mengunduh Juknik PBSB tahun 2016 dengan cara Klik Disini

Selamat Mencoba, Semoga Sukses...

Related Posts

Load comments