Belajar dengan Buku Versus Komputer

Membaca Buku Versus Komputer - Dizaman yang serba modern secanggih ini, peran serta alat-alat elektronik yang membantu kita dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa lagi dihindarkan, hampir setiap saat kita disibukkan atau selalu memperhatikan alat elektronik yang kita pegang atau bisa disebut smartphone dan juga Laptop dengan koneksi ke internet yang dapat menyediakan semua informasi yang kita butuhkan. Namun kecanggihan teknologi tersebut bisa sangat berguna apabila kita dapat menggunakannya sesuai dengan proporsinya.

Membaca buku atau komputer


Dalam hal belajar ataupun berkonsentrasi untuk mencari sebuah informasi, belajar menggunakan buku atau kegiatan membaca buku pelajaran atau yang lainnya terbuktii lebih efektif bisa diserap isi atau informasi yang kita baca dibandingkan dengan menggunakan komputer. Psikolog Rosdiana Setyaningrum dalam diskusi "Membangun Ikatan Keluarga Kuat", di Djakarta Theatre, Selasa (15/12/2015), menilai, belajar dengan menggunakan buku lebih efektif. "Buku lebih baik, karena tangkapan memorinya jangka panjang. Itu akan bertahan lebih lama," ujarnya. Komputer, kata Rosdiana, memang menjadi andalan bagi para mahasiswa ataupun pelajar untuk memudahkan mereka dalam mengerjakan tugas ketimbang memakai buku teks. Salah satu alasannya, pencahayaan komputer membuat perhatian seseorang lebih besar.
"Namun di saat yang sama, fokus mereka juga bisa lebih mudah hilang saat memakai komputer. Sehingga apa yang sudah disimpan di memori bisa cepat hilang," imbuhnya. Rosdiana menyebut, solusinya adalah memaksimalkan pencahayaan saat belajar dengan buku. "Cari tempat yang mendukung agar mendapat pencahayaan baik selama membaca buku. Atau bisa menggunakan senter yang dijepit di buku, kan sekarang sudah ada," ujarnya.

Terbatasnya informasi yang disediakan di buku membuat kebanyakan mahasiswa ataupun seseorang lebih sedikit malas untuk membaca sebuah buku, mereka lebih memilih membaca menggunakan laptop atau komputer yang terhubung dengan internet, karena dapat langsung mencari istilah-istilah atau sumber dari sebuah informasi dengan cepat. Tetapi itu semua tergantung pada diri kita masing-masing, jika kita bisa mengontrol diri kita, maka cara belajar yang modern pun bisa menjadi efektif apabila niatan kita benar-benar tertata.
Baca juga: Cara Mengatasi Malas Kuliah

Related Posts

Load comments