Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Anak

Faktor yang berpengaruh terhadap kemandirian anak

Faktor pengaruh kemandirian Anak - Peran orang tua sangatlah besar dalam proses pembentukan kemandirian seseorang. Orang tua diharapkan dapat memberikan kesempatan pada anaknya agar dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, belajar mengambil inisiatif, mengambil keputusan mengenai apa yang ingin dilakukan dan belajar mempertanggung jawabkan segala segala perbuatannya. Namun, disini juga ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian pada anak remaja. 

Baca Juga:

Beberapa faktor yang mempengaruhi kemandirian anak;

1. Usia, pengaruh dari orang lain akan berkurang secara perlahan-lahan pada saat anak menginjak usia lebih tinggi. Pada usia remaja mereka lebih berorientasi internal, karena percaya bahwa peristiwa-peristiwa dalam hidupnya ditentukan oleh tindakannya sendiri. Pertama-tama anak-anak akan merasa lebih tergantung pada orang-tuanya, tetapi ketergantungan itu lambat laun akan berkurang sesuai dengan bertambahnya usia.

2. Jenis kelamin, keinginan untuk berdiri sendiri dan mewujudkan dirinya sendiri merupakan kecenderungan yang ada pada setiap remaja. Perbedaan sifat-sifat yang dimiliki oleh pri dan wanita disebabkan oleh perbedaan pribadi individu yang diberikan pada anak pria dan wanita. Perbedaan jasmani yang mencolok antara pria dan wanita secara psikis menyebabkan orang beranggapan bahwa ada perbedaan kemandirian antara pria dan wanita

3. Pendidikan, Semakin bertambahnya pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang (guru, orang tua & lingkungan), kemungkinan untuk mencoba sesuatu yang baru semakin besar, sehingga orang akan lebih kreatif dan memiliki kemampuan. Denga belajar seseorang dapat mewujudkan dirinya sendiri sehingga orang memiliki keinginan sesuatu secara tepat tanpa tergantung dengan orang lain.

4. Keluarga, orang tua mempunyai peranan yang sangat penting alam meletakkan dasar-dasar kepribadian seorang anak, demikian pula dalam pembentukan kemandirian pada diri seseorang

5. Konsep diri (pemahaman tentang kemampuan diri sendiri). Konsep diri yang positif mendukung adanya perasaan berkompeten pada individu untuk menentukan langkah yang diambil. Bagaimana individu tersebut memandang dan menilai keseluruhan dirinya atau menentukan sejauh mana pribadi individualnya. Mereka yang memandang dan menilai dirinya mampu, cenderung memiliki kemandirian dan sebaliknya mereka yang memandang dan menilai dirinya kurang atau cenderung menggantungkan dirinya pada orang lain.

6. Interaksi Sosial,  kemampuan remaja dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial serta mampu melakukan penyesuaian diri dengan baik, akan mendukung perilaku remaja yang bertanggung jawab, mempunyai perasan aman dan mampu menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi dengan baik, tidak mudah menyerah akan mendukung untuk berperilaku mandiri.

Dari uraian di atas dapt disimpulkan bahwa dalam mencapai kemandirian, seseorang tidak dapat terlepas dari faktor-faktor yang mendasari terbentuknya kemandirian itu sendiri. Faktor-faktor ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan yang selanjutnya akan menentukan seberapa jauh seorang individu bersikap dan berpikir secara mandiri dalam menjalani kehidupan lebih lanjut. 

Related Posts

Load comments