Pedoman HUT PGRI Ke-74 dan Hari Guru Nasional Tahun 2019

Pedoman HUT PGRI Ke-74 dan Hari Guru Nasional Tahun 2019. Pada kesempatan ini, kami ingin membagikan informasi mengenai Pedoman Pelaksanaan Peringatan HUT Ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2019 yang file aslinya telah dikeluarkan langsung oleh Instansi Persatuan Guru Republik Indonesia melalui laman resminya. Dalam pedoman pelaksanaan peringatan HUT PGRI tersebut telah disampaikan pula tema untuk PGRI pada tahun 2019 ini yaitu "Peran Strategis guru Dalam mewujudkan SDM Indonesia Unggul".

Download Pedoman Pelaksanaan HUT ke-74 PGRI dan HGN Tahun 2019. Pada artikel ini, Anda bisa langsung mendownload atau mengunduh file pedoman asli yang berbentuk .pdf pada link download yang sudah disediakan di paling bawah artikel. Namun, Anda juga bisa melihat langsung cuplikan isi dari pedoman tersebut di bawah ini: 

PEDOMAN PELAKSANAAN PERINGATAN HUT  PGRI DAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2019

Di bawah ini merupakan kata pengantar pada file Pedoman Tahun lalu, untuk Tahun 2019 ada di bawahnya dan bisa langsung di download file resminya pada link download di bawah

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayahNya, kami dapat mempersiapkan peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2019 yang pada tahun ini bertemakan “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja untuk Penguatan Pendidikan Karakter”.

Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2019 dimulai bulan September s.d. Desember 2019 dengan berbagai kegiatan antara lain upacara, diskusi publik/seminar, forum ilmiah guru, penghargaan kepada guru berpr estasi dan berdedikasi, ziarah ke makam pahlawan, ziarah ke makam tokoh PGRI, jalan sehat, talkshow, kompetisi pembelajaran kreatif dan inovatif, kompetisi guru menulis dan menerbitkan buku, serta pemberian penghargaan kepada kepala daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota pada acara puncak peringatan yang direncanakan dihadiri oleh Bapak Presiden RI. 

Untuk kelancaran kegiatan peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2019, Pengurus PGRI di semua tingkat diharapkan dapat melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait. Harapan kami dengan peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2019 PGRI dapat berkontribusi dalam mewujudkan guru yang profesional dalam rangka peningkatan layanan pendidikan yang bermutu.

Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi seluruh pengurus provinsi di semua tingkat dan pihak terkait dalam pelaksanaan peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2019.

Dirgahayu PGRI dan Selamat Hari Guru Nasional 2019.

Pendahuluan

Pada tanggal 25 November 1945, seratus hari setelah Indonesia merdeka, di Surakarta, Jawa Tengah, puluhan organisasi guru berkongres, bersepakat, berhimpun dan membentuk satu-satunya wadah organisasi guru, dengan nama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sejak lahir PGRI yang bersifat unitaristik, independen, dan nonpolitik praktis, adalah organisasi profesi, perjuangan, dan ketenagakerjaan, yang selalu berupaya mewujudkan guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Guru merupakan salah satu komponen yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk mencapai tujuan nasional mencerdaskan bangsa. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Dedikasi, tekad, dan semangat persatuan dan kesatuan para guru yang dimiliki secara historis tersebut perlu dipupuk, dipelihara dan dikembangkan sejalan dengan tekad dan semangat era global untuk masa depan bangsa. Dalam Undang-Undang Guru dan Dosen dinyatakan bahwa guru wajib menjadi anggota organisasi profesi guru. 

Guru harus menjaga solidaritas dan soliditas bersama komponen lainnya. Guru harus berupaya menjaga kebersamaan dan menghindari perpecahan antar sesamanya. 

Sebagai penghormatan kepada guru dan PGRI, Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Ta hun 1994 2

menetapkan tanggal 25 November, hari kelahiran PGRI, sebagai Hari Guru Nasional, yang kemudian dimantapkan melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sejak tahun 1994 setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional dan Hari Ulang tahun PGRI secara bersama-sama.

Pada 25 November 2019 ini PGRI genap berusia 74 tahun. Usia yang cukup matang dan dewasa bagi sebuah organisasi. Selama kurun waktu tersebut, banyak pengabdian yang telah disumbangkan, banyak aktivitas yang telah dilaksanakan, banyak perjuangan yang telah dikerjakan, banyak kegiatan perlindungan terhadap anggota yang telah diberikan. Di samping itu, telah juga banyak peristiwa, persoalan, tantangan, dan kendala yang telah dihadapinya.

Peringatan HUT ke-72 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun ini akan diadakan sejumlah kegiatan yang direncanakan berlangsung sebelum bulan November 2019. Melalui kegiatan di berbagai tingkat dan jenjang ini diharapkan mampu meningkatkan eksistensi PGRI, menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi, serta membangun solidaritas dan kesetiakawanan anggota. Selain itu juga diharapkan mampu meningkatkan semangat anggota dan menggugah pihak lain untuk berperan maksimal dalam memuliakan guru dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, termasuk menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi guru yang kuat dan bermartabat.
---------------------------------------------

Pedoman Hari Guru Nasional Tahun 2019

A. Latar Belakang
Peran Guru dalam perjalnan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semagnat nasionalisme kapda peserta didik dan masyarakat. pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. 

Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, memebimbing, mengarahkan melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pad pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dengan demikian, guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa. 

Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui keputusan presiden nomor 78 tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru nasional untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementeiran Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019. 

dan seterusnya.. 

Tema
Tema peringatan Hari Guru Nasional tahun 2018 adalah "Guru Penggerak Indonesia Maju".

Tujuan Kegiatan

  1. Meningkatkan kesadaran dan komitmen guru dan pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupandan pembangunan karakter bangsa. 
  2. Memacu kinerja dan kedisiplinan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya mempersiapkan sumber daya manusia sebagai basis terwujudnya generasi emas Indonesia tahun 2045.
  3. Memperkuat semangat dan dedikasi guru melalui organisasi guru Profesional PGRI dalam meningkatkan sumber daya manusia yang bermutu.
  4. Memperkuat rasa kebersamaan guru melalui organisasi profesi PGRI yang independen, demokratis, dan bersinambungan.
  5. Memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan anggota serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan anggota kepada PGRI, sebagai organisasi profesi guru di Indonesia.
  6. Mendorong kepedulian pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dalam membangun pendidikan karakter bangsa yang cerdas, kompetitif, dan bermartabat.
Jenis Kegiatan

Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2019 dimulai bulan September sekaligus memperingati Hari Guru Internasional dan berakhir pada acara puncak pada tanggal 25 November 2019.

1. waktu dan tempat
Upacara bendera peringatan Hari guru nasional tahun 2018 dilaksanakan pada
Hari: Senin, 25 NOvember 2019
waktu : pukul 08.00 - selesai (menyesuaikan kebiaasaan setempat).

Ketentuan UPacara:
a. Kementerian Pendidika
b. Kementerian Agama
c. Luar Negeri
d. Daerah
e. UPT Kemendikbud
(isi lengkap ada di file asli, silahkan di download)

f. Sekolah/Madrasah
Tempat uapcara di halaman sekolah atau tempat lain yang ditetapkan, Pembina upacara adalah Kepala Sekolah, waktu upacara jam masuk sekolah dan peserta upacara adalah para guru dan peserta didik.
Sedangkan Pakaian upacara bagi Guru mengenaakan Seragam Guru, Siswa mengenakan seragam sekolah dan Tenaga Kependidikan mengenakan seragam Korpri.

Susunan Acara:
Pembina Upacara memasuki lapangan upacara
Penghormatan kepada pembina upacara, dipimpi oleh pemimpin upacara
Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara
Pengibaran Bendera Merah PUtih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya
Mengheningkan Cipta
Pembacaan Pancasila
Pembacaan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Pemberian Penghargaan-penghargaan (jika ada)
Menyanyikanlagu "Hymne Guru"
Amanat Pembina upacara (membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan)
Menyanyikan lagu "Terima kasih guruku"
Pembacaan doa
Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara
penghormatan kepada pembina upacara, dipimin oleh pemimpin upacara
Pembina upacara meninggalkan tempat upacara
upacara selesai, barisan dibubarkan.



Penutup
Semua Pengurus PGRI di setiap tingkat agar melakukan kordinasi dengan instansi terkait dan mitra kerja dalam penyelenggaraan peringatan HUT ke-74 PGRI dan HGN Tahun 2019.

Demikian Pedoman Pelaksanaan Peringatan HUT ke-72 PGRI dan HGN Tahun 2017 untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan dan kondisi organisasi di setiap tingkat.

Untuk melihat versi file asli dari Pedoman Pelaksanaan HUT PGRI Ke-74 dan Hari Guru Nasional Tahun 2019 dari Instansi PGRI ada bisa langsung download di bawah ini:

Link Download: 

Related Posts

Load comments