Pedoman HUT Kemerdekaan RI Ke-74 Tahun 2019

Pedoman HUT Kemerdekaan RI Ke-74 Tahun 2019.  Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang tepat pada tanggal 17 Agustus 2019 adalah sebuah peringatan akan perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi merdekanya negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Maka dari itu, pada tahun 2019 ini kita sebagai warga negara yang baik dan tunduk, patuh terhadap Undang-Undang yang berlaku harus ikut serta dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019. Biasanya sudah banyak kegiatan dan lomba-lomba yang disiapkan di berbagai daerah, kecamatan, desan maupun tingkat RT. Namun, ada satu hal yang perlu masyarakat Indonesia ketahui sebelumnya, bahw pada tahun 2019 ini Mensesneg telah mengeluarkan desain logo dan tema resmi Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Download Pedoman HUT RI Ke-74 dan Panduan Desain Logo dan Tema. Pada artikel yang kami tulis ini memang sengaja, kami juga akan membagikan file Pedoman yang terdiri dari pedoman visual, desain turunan (spanduk dan baliho serta desain lannya), font yang dipakai untuk publikasi, beberapa gambar serta desain logo HUT RI ke-74 tahun 2019.  Pada surat Edaran mengenai teman dan logo yang telah dipublikasikan ke masyarakat umum, bahwa logo dan pedoman dapat diunduh melalui website mensesneg, namun link yang terdapat disana jika didownload maka filenya besar, sekitar hampir 1 GB. Jadi, jika anda menginginkan downlad cepat dan perbagian, Anda bisa mengunduh beberapa file tersebut pada website www.bangsaku.web.id, kami membagikan beberapa file ini sumbernya juga dari file yang telah di download dari mensesneg dan kemudian kita bagi-bagi, supaya proses downloadnya tidak lama. 

Berikut ini merupakan cuplikan isi dari Pedoman Identitas Visual HUT RI ke-74 Tahun 2019.

Logo 74 TH Kemerdekaan Republik Indonesia ini melambangkan sinergi, kolaborasi, inspirasi, dan semangat bekerja tiada henti untuk membangun negeri.
Logo terdiri dari angka 7 dan 4. Ditengah-tengahnya ada angka sudut yang melambangkan kolaborasi dan visi menuju progres yang semakin lebih baik.
Dari angka 7 ke angka 4 membentuk garis petir melambangkan gerak, kerja, energi yang menginspirasi dari atas ke bawah.
Tagline SDM Unggul Indonesia Maju menggambarkan visi pemerintah dalam momentum ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Momentum bulan kemerdekaan adalah momentum yang tepat untuk memperkokoh tali silaturahmi bangsa Indonesia, memperkuat rasa kebangsaan, merayakan kebersamaan, dan meningkatkan semangat kerja untuk Indonesia yang lebih baik.

Pembangunan infrastruktur yang merata ditujukan untuk meningkatkan konektivitas, dan silaturahmi demi terwujud cita-cita Amukti Palapa dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain itu, tujuan pembangunan infrastuktur adalah untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang unggul dan Indonesia yang lebih maju.

Berikut ini merupakan cuplikan isi Surat Edaran Mensetneg terkait Pedoman Peringatan HUT RI Ke-74 Tahun 2019.

Pedoman Peringatan HUTRI ke-74 Tahun 2019 

Cuplikan Surat Edaran dari Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia dengan Perihal: Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2019

Dalam rangka peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan Rl Tahun 2019 tanggal 17 Agustus
2019, bersama ini kami sampaikan hal-halsebagai berikut:
1. Tema dan Logo:
Tema peringalan HUT Ke-74 Kemerdekaan Rl Tahun 2019 adalah: SDM Unggul lndonesia Maju. Tema dan logo dapat diunduh pada situs web resmi Kementerian Sekretariat Negara.
2. Pedoman pokok kegiatan di tingkat pusat:

Hari Kamis, 15 Agustus 2019
pukul 13:00 - Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik lndonesia
pukul 15:00 - Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)

Jum'at 16 Agustus 2019
08.30 - Pidato Presiden Rl pada Sidang Tahunan MPR Rl Tahun 2019
10:20 - Pidato Kenegaraan Presiden Rl dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan Rl Tahun 2019 pada Sidang Bersama DPD Rl dan DPR Rl
14.00 - Pidato Presiden Rl dalam rangka Penyam paian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2019 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RlTahun Sidang 2019-2020
24.00 - Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Sabtu, 17 Agustus 2019
08.00 - Pertunjukan Marching Band, Tarian Kolosal, Kesenian, dan Prosesi Arak-Arakan Penqambilan Bendera Pusaka
10.00 - Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Rl
13:00 - Santap Siang Kenegaraan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Rl Tahun 2019
15.00 - Pertunjukan Marching Band, Tarian Kolosal, dan Kesenian
17.00 - Upacara Penurunan bendera Sang Merah Putih
17.52 - Prosesi Arak-arakan dn Pemgembalian Bendera Pusaka

Minggu, 18 Agustus 2019
10.00 - Peringatan Hari Konstitusi
16.00 - Silaturahim Presiden Republik lndonesia dengan Teladan Nasional, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Gita Bahana Nusantara dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Rl Tahun 2019

3. Penyelenggaraan acara hendaknya memperhatikan:
a. Pada tanggal 16 Agustus 2019 agar masyarakat mengikuti siaran langsung Pidato Kenegaraan Presiden Rl baik melalui berbagai channelmedia massa (televisi, radio, dan media online)
b. Pada tanggal 17 Agustus 2019 agar diselenggarakan upacara bendera secara terpusat di seluruh lbukota Provinsi dan lbukota Kabupaten/Kota, di samping upacara bendera di setiap instansi/kesatuan masing-masing.
c. Penyelenggaraan acaraperingatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RlTahun 2019 dilaksanakan dengan berlandaskan pada tema dan logo yang sudah ditentukan, dirayakan secara khidmat dan penuh kemeriahan, memperhatikan situasi dan kondisi setempat.

4. Perwakilan-perwakilan Republik lndonesia di luar negeri agar menyesuaikan ketentuanketentuan tersebut di atas dan yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah duta besar atau kepala perwakilan Rl.
Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kamisampaikan terima kasih.

Demikian tadi beberapa pedoman dalam penggunaan identitas visual seperti logo, slogan yang dipakai dalam media visual untuk perayaan HUT RI ke-74 Tahun 2019 ini. Semoga file tersebut dapat bermanfaat. Anda dapat mengunduh file aslinya langsung pada link download yang tersedia di bawah ini: 

Link Donwload: 

  1. Surat Edaran Penyempurnaan Tema HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 [download]
  2. Surat Edaran Partisipasi Menyemarakkan Bulan Kemerdekaan Tahun 2019 [download]
  3. Salinan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Nomor 174 tahun 2019 - Pembentukan Panitia Pelaksana HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 [download]
  4. Pedoman Visual Logo, Spanduk, Baliho[download]
  5. Pedoman Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI RI Tahun 2019 [download]
Download Juga: 

Related Posts

Load comments