Surat Edaran Peringatan Hari Lahir Pancasila 2019

Surat Edaran Mensesneg tentang Hari Lahir Pancasila 2019. Pada kesempatan ini kami akan membagikan informasi mengenai Surat Edaran tentang Ajakan untuk memperingatai Hari Lahir Pancasila yang ke-74 di tahun 2019 ini. Surat Edaran yang telah kami bagikan ini berasal dari dua kementerian berbeda namun isinya sama yaitu tentang Penyelenggaraan upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 yang dikeluarkan pada Mei 2019. Surat Edaran yang satu berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan yang kedua berasal dari Pemprov Yogyakarta, sedangkan untuk Surat Edaran langsung dari Kementerian Sekretaris Negara Republik Indonesia belum dikeluarkan, dan akan menyusul.


Intinya Pada surat tersebut juga dijelaskan mengenai ajakan untuk menyemarakkan hari lahir pancasila yang jatuh pada hari Sabtu tanggal 1 Juni 2019 mendatang.  Seperti biasanya, pada saat hari lahir pancasila banyak yang memasang banner dengan logo hari lahir pancasila. selain itu beberapa lembaga, kementerian dan instansi pendidikan juga dihimbau untuk memasang bendera merah putih. Untuk dapat melihat isi lengkapnya dari Surat Edaran Tersebut, silahkan simak informasi di bawah ini: 

Berikut ini merupakan Cuplikan isi surat edaran dari Pemprov Yogyakarta:

Nomor: 003/5774
Perihal : Edaran Peringatan Hari Lahir Pancasila 2019

Kepada Yth.
1. Bupati/Walikota se-DIY
2. Pimpinan Instansi Vertikal/Lembaga Pendidikan/Sekolah se-DIY
3. Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah di DIY
4. Kepala BUMN, BUMD di DIY

Memperhatikan dan menindaklanjuti Surat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Nomor: B.116/Ka.BPIP/05/2019, tanggal 13 Mei 2019, Perihal: Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila 2019, perlu kami sampaikan hal-hal sebagai berikut: 
1. Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 24 Tahun 2016 tetang hari Lahir Pancasila, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila, dan Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila.
2. Di tingkat pusat rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila diawali dengna upacara secara serentak pada hari Sabtu tanggal 1 Juni 2019 pukul 08.00 WIB dan akan dipimpin oleh Preiden RI selaku Inspektur Upacara.
3. Peringatan Hari Lahir Pancasila akan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan di bulan Juni sebagai bulan Pancasila yang antara lain berupa kegiatan dialog dan tamu masyarakat/komunitas.
4. Agar peringatan hari lahir Pancasila 2019 lebih semarak dan bermakna dihimbau untuk:
a). Menyelenggarakan Upacara Bendera di Kabupaten/kota, Instansi Pemerintah dan Swasta, Lembaga Pendidikan, Kesatuan TNI dan POLRI, pada hari Sabtu, tanggal 1 Juni 2019, pukul 08.00 WIB, dengan inspektur Upacara Kepala Daerah, Kepala Instansi/Kesatuan, Pimpinan Lembaga Pendidikan/Sekolah, Kepala BUMN/BUMD. dan membacakan Sambutan Presiden RI.
b). Melakukan publikasi dan diseminasi semarak Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 di lembaga/instansi masing-masing.
c). Memasang spanduk peringatan Hari Lahir Pancasila 2019 dengan memperhatikan aspek-aspek kerapihan, kebersihan, keindahan dan ketertiban lingkungan;
d). Menyelenggarakan kegiatan lain yang mendukung pemahaman nilai-nilai Pancasila.

Selanjutnya kepada Bupati/Walikota se-Daerah Istimewa Yogyakarta/ Kepala Instansi Pemerintah dan Swasta /BUMN /BUMD di Daerah Istimewa Yogyakarta kami himbau agar menyelenggarakan hal tersebut di atas dan menyelenggarakan upacara bendera peringatan Hari Lahir Panacasila pada: 

Hari/Tanggal : Sabtu, 1 Juni 2019
Waktu  : Pukul 08.00 WIB
Tempat  : Halaman Upacara/Kantor/Instansi masing-masing.
Pakaian:
- Tingkat Provinsi, Atasan: seragam putih, berdasi/bersyal dan bawahan: Celana panjang/rok warna hitam.
- Tingkat Kab/Kota: Di seragamkan kepada masing-masing Kabupaten/Kota.

     Demikian atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.

Berikut ini merupakan Cuplikan singkat isi Surat Edaran Yang dikeluarkan Kemendikbud RI: 

SE Mendikbud nomor : 47426/MPK.A/TU/2019
Perihal tentang Upacara Bendera dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila 2019

yang pokok isinya adalah sebagai berikut:
Dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019, para pimpinan unit utama di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, para kepala UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, para kepala dinas pendidikan provinsi serta kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dan para Kepala Sekolah/Madrasah di seluruh Indonesia kami imbau untuk:
1...
2. Menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila pada:
hari, tanggal : Sabtu, 1 Juni 2019
pakaian: adat/tradisional sesuai dengan norma kepantasan sesuai petunjuk pelaksanaan (akan diinformasikan lebih lanjut).

dan seterusnya... silahkan langsung di unduh pada link download di bawah.


Link Download: 

Related Posts

Load comments