Doa Upacara Bendera Hardiknas Terbaru 2019


Doa Upacara Bendera Hardiknas Tahun 2019 - Pada tanggal 08 April 2019 kemarin Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, melalui website resminya telah mengeluarkan Pedoman pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional pada tahun 2019. Di dalam pedoman pelaksanaan upacara tersebut tidak diberikan contoh doa upacara dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional. Maka dari itu, kami ingin membagikan naskah do'a upacara peringatan Hardiknas yang telah diambil dari naskah doa yang pernah diterbitkan langsung oleh Mendikbud untuk upacara bendera dalam peringatan Hardiknas sebelumnya. 

Pedoman pelaksanaan upacara bendera tersebut diterbitkan untuk keseragaman dan tertibnya penyelenggaraan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional Tahun 2019. Adapun tujuan dari pelaksanaan upacara peringatan hari pendidikan nasional tahun 2019 adalah sebagai berikut:
  1. Memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa;
  2. Mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa; dan 
  3. Meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan.

Adapun yang harus terlibat dalam rangka peringatan hari pendidikan nasional tahun 2019 ini adalah semua insan pendidikan antara lain; pemangku kepentingan dan karyawan di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan baik di pusat maupun di daerah; pemangku kepentingan dan Karyawan di lingkungan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; Kementrian Agama; Kantor Perwakilan Republik Indonesia di Luar negeri; pemerintah daerah; satuan pendidikan; serta institusi penyelenggara pendidikan. 
Dalam acara peringatan hari pendidikan nasional tersebut diharapkan semua bangsa indonesia dapat mengenang dan memahami akan pentingnya pendidikan bagi anak bangsa dan kita semua harus berdoa demi kemajuan bangsa ini. Maka dari itu, kementrian pendidikan dan kebudayaan juga memberikan contoh Doa upacara bendera yang dapat dijadikan pedoman pada setiap daerah dan instansi.

Doa Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional 


Bismillahirrahmanirrahiim. Alhamdulillahi rabbil'aalamin, washalatu wassalamu 'alaa sayyidil mursaliin, wa'alaa aalihi washohbihi ajma'iin.

Dengan nama-Mu Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji untuk-Mu Tuhan semesta alam, Engkau tempat kami meminta, Engkau tempat kami memohon, kami berdoa kehadirat-Mu ya Allah.

Ya Allah, ya Tuhan kami
Saat ini kami berkumpul dalam rangka mengikuti "Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019", untuk itu Ya Allah jadikan kegiatan ini, kegiatan yang penuh rahmat, kegiatan yang membawa manfaat, dan kegiatan yang penuh dengan hikmat. Ya Rob, berkati dan ridhoi acara kami ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mengetahui
Dalam kegiatan peringatan Hari pendidikan nasional ini, bersihkan hati kami dari sifat-sifat yang buruk, semaikan hati kami dengan berbagai sifat-Mu yang mulia, satukan hati dan perbuatan kami dalam membangun negeri yang kami cinti ini, khususnya di bidang pendidikan agar lebih maju dan dapat mengejar ketinggalan bangsa kami, lepas dari segala keterpurukan, dan jadikanlah negeri kami, negeri yang makmur dan sejahtera berdasarkan keimanan dan ketaqwaan, dalam curahan maghfirahmMu ya Allah.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa
Betapa banyak tantangan dalam dunia pendidikan kami saat ini, oleh karena itu Ya Allah bimbinglah kami, berilah kekuatan lahir dan batin kepada kami, satukan pandangan kami, bangkitkanlah semagnat membangun dunia pendidikan kami, agar kami mampu membangun karakter bangsa ini menjadi bangsa yang memiliki peradaban yang unggul dan mulia, bangsa yang memiliki kecerdasan secara komprehensif dan berbudi pekerti luhur.

Ya Allah, Ya Rahman, Ya Rahiim...
Limpahkanlah Rahmat dan Hidayah Mu, curahkanlah ilmu dan hikmah Mu kepada kami, agar kami mampu menjadi hamba-hambaMu yang selalu amanah dalam menjalani kehidupan ini, lulus dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan dari Mu, serta ikhlas dalam mengabdi kepada Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih
Alangkah banyak karunia nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepada kami, namun terkadang kami suka mengingkari karunia nikmat Mu itu, untuk itu Ya Allah ampunilah segala kekhilafan kami, jauhkanlah kami dari segala murka Mua, dan jadikanlah kami hamba-hamba Mu yang pandai bersujud dan bersyukur kepada Mu.

Ya Allah, Ya Tuhan Yang Maha Pengampun
Kami sadar begitu banyak dosa dan kesalahan yang telah kami lakukan, jika engkau tidak sudi mengampuni, kepada siapa kami harus memohon ampun. Oleh karena itu Ya Allah, ampuni segala dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan orang tua kami, dosa dan kesalahan para pemipin kami, dan tetapkanlah hati kami untuk selalu berada di atas halanMu yang benar.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar
Kabulkanlah doa dan permohonan kami. Robbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wafil aakhirati hasanah, waqinaa 'azdaabannaar. Washallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin wa 'alaa aalihi washohbihi adma'iin. Walhamdulillahi rabbil 'aalamiin.

Related Posts

Load comments