Kumpulan Silabus K13 SMA Revisi Terbaru 2017/2018. Pada kesempatan ini kami ingin membagikan Kumpulan file Silabus Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru 2017/2018 jenjang SMA/MA yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Materi pembelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator yang terdapat dalam silabus tersebut sudah sesuai dengan buku K13 terbaru revisi 2017 yang dijadikan acuan pembelajaran setiap sekolah SMA/MA di tahun ajaran 2017/2018 ini. Jadi, bagi para guru yang sedang dalam penyusunan perangkat pembelajaran ataupun sedang menyusun sebuah soal Ujian maka mereka harus melihat acuan silabus untuk menentukan soal-soal materi apa saja nantinya yang akan dikeluarkan pada saat ujian berlangsung.
Download Kumpulan Silabus K13 SMA Lengkap Semua Mapel. Pada artikel ini sengaja kami bagikan link khusus yang bisa anda klik dan nantinya akan tertuju pada file Silabus yang tersimpan dalam google drive, jadi anda tinggal langsung mendownloadnya dengan gratis disitu. pada artikel ini ada beberapa silabus yang dapat anda download, diantaranya adalah Silabus Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, PPKn, PKWU, Penjaskes, Seni Budaya, Agama, Fisika, Biologi, Kimia, Geografi, Ekonomi dan lain sebagainya.
Berikut ini merupakan contoh penjelasan singkat mengenai Silabus PPKN dan rata-rata hampir semuanya harus sama ada komponen-komponen berikut ini.
Berdasarkan perrmendikbud No. 22 tahun 2016 tentang standar proses, silabus dan RPP merupakan bagian dari kegiatan perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada StandarIsi . Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran,dan scenario pembelajaran. Silabusmerupakanacuanpenyusunankerangkapembelajaranuntuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Berdasarkan perrmendikbud No. 22 tahun 2016 tentang standar proses, komponen silabus meliputi:
(1) Identitas Mata Pelajaran; tulislah mata pelajaran PPKn
(2) Identitas Sekolah; tulislah nama sekolah saudara dan kelas,
(3) Program Studi; tulislah nama program studi yang akan disusun silabusnya.
(4) Kelas/semester; tulislah kelas dan semester dimana silabus ini akan dikembangkan.
b. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SMA/MA pada setiap tingkat kelas. Melalui kompetensi inti, sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antarmata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda dapat dijaga pula. Kompetensi inti bisa dikutip dari permendikbud No. 21/2016 atau permendikbud No. 24/2016 lampiran 20.
c. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal dalam mata pelajaran yang harus dimiliki oleh siswa atau kemampuan minimal yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa dari standar kompetensi untuk suatu mata pelajaran. Demikian pula kompetensi dasar PPKn adalah kemampuan minimal mata pelajaran PPKn yang harus dimiliki oleh siswa atau kemampuan minimal yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa dari Kompetensi Inti. Kompetensi dasar mata pelajaran PPKn bisa dilihat dalam permendikbud No. 24/2016 lampiran 20. Kompetensi dasar PPKn terdiri dari kompetensi dasar aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan.
d. Materi Pokok dan Uraian materi
Adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari oleh siswa sebagai sarana pencapaian Kompetensi Dasar atau tujuan pembelajaran. Dalam pengembangan materi PPKn hendaknya memperhatikan karakteristik kompetensi dasar Materi pembelajarannya. Materi pokok harus bemuat fakta,konsep,prinsip,prosedur,dan metakognitif yang relevan,dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensie. Kegiatan Pembelajaran atau Pengalaman Belajar
Pengalaman belajar adalah kegiatan fisik maupun mental yang perlu dilakukan oleh siswa dalam berinteraksi dengan obyek belajar untuk menguasai kompetensi dasar dan materi pokok. Kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan yang dil akukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Berbagai alternatif pengalaman belajar dapat dipilih sesuai dengan jenis kompetensi serta materi yang dipelajari. Dengan demikian pengalaman belajar menunjukkan aktivitas yang dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan obyek belajar untuk mencapai kompetensi dasar.
Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Bentuk penilaian berbasis kelas dapat dilakukan melalui tes maupun non tes. Bentuk penilaian tes dapat dilakukan secara lisan, tertulis dan perbuatan, sedangkan bentuk penilaian non tes dilakukan dengan menggunakan jurnal, lembar observasi, skala sikap, cek list, kuesioner, observasi, studi kasus dan portofolio .
Alokasi waktu pembelajaran suatu kompetensi dasar tertentu diperhitungkan berdasarkan analisis dan atau pengalaman penggunaan jam pelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar di kelas. Jadi alokasi waktu berisi perkiraan alokasi waktu yang akan digunakan dalan mencapai kompetensi yang diharapkan.
Download Juga: Kisi-Kisi Soal USBN SMP, SMA/SMK
h. Sumber Belajar
Dalam proses belajar mengajar, sarana pembelajaran sangat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sarana pembelajaran dalam uraian ini lebih ditekankan pada sarana dalam arti media/alat peraga.
Link Download: