Kisi-kisi Soal US SD/MI Tahun 2017. Dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah (US) Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI), sebaiknya Anda mempelajari Kisi-Kisi Soal US SD/MI Tahun 2017. Anda bisa Download Kisi-kisi soal US SD/MI tahun 2017 pada link download di artikel ini. File kisi-kisi soal US SD/MI tersebut sengaja kami bagikan dalam rangka ikut menyebar luaskan informasi yang bermanfaat bagi pendidikan khususnya jenjang SD/MI. Dengan mempelajari Kisi-kisi ini, Anda dapat memetakan pokok-pokok materi pelajaran yang akan keluar pada saat Ujian Sekolah tahun ajaran 2016/2017 ini.
Download Kisi-kisi Soal US SD/MI 2016/2017. Silahkan Download Kisi-Kisi Soal US/M SD/MI pada link download yang tersedia di artikel ini. Namun, sebelumnya Anda juga bisa mengetahui proses penyusunan kisi-kisi soal US SD/MI 2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyusun kisi-kisi soal berdasarkan kurikulum yang berlaku, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.) Mengidentifikasi materi yang sama pada muatan/mata pelajaran yang diujikan sesuai Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar isi untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud no.21 tahun 2006 tentang standar isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan permendikbud no 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah:
2.) Menyusun kisi-kisi soal US/M untuk muatan/mata pelajaran yang diujikan dengan melibatkan pendidik dan ahli peniliaan pendidikan;3.) Melakukan validasi kisi-kisi soal US/M dengan melibatkan pendidikan ahli penilaian pendidikan dan
4.) menetapkan kisi-kisi soal US/M Tahun pelajaran 2016/2017
Jumlah butir soal dan alokasi waktu US/M SD/MI adalah sebagai berikut:
- Bahasa Indonesia 50 Soal dengan alokasi waktu 120 menit
- Matematika 40 Soal dengan alokasi waktu 120 menit
- Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 40 Soal dengan alokasi waktu 120 menit
1. Kisi-Kisi Soal US Bahasa Indonesia SD/MI
Materi yang akan diujikan adalah:
Membaca Nonsastra : Menentukan kalimat utama paragraf tentang makhluk hidup atau
lingkungan
- • Menentukan ide pokok paragraf
- • Menentukan simpulan paragraf
- • Menentukan pernyataan sesuai isi paragraf
- • Menentukan kalimat tanya sesuai isi paragraf
- • Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan dengan kata tanya: bagaimana, mengapa
- • Memprediksi kejadian berkaitan dengan isi bacaan
- • Mengambil informasi dari isi teks sederhana untuk melengkapi tabel
- • Memaknai kata/istilah dalam paragraf
- • Menentukan antonim/sinonim dalam kalimat
- • Menentukan topik teks percakapan
- • Menentukan kalimat sesuai isi iklan
- • Menentukan isi paragraf laporan
- • Menanggapi isi paragraf instruksi
- • Menentukan makna kata dalam paragraf instruksi
- • Menentukan pernyataan sesuai dengan isi paragraf instruksi
- • Menentukan pernyataan sesuai dengan isi teks penjelasan (teks prosedur)
- • Menentukan isi pidato
- • Mengidentifikasi jenis-jenis paragraf
- • Menentukan nomor telepon ke suatu tujuan berdasarkan beberapa kode telepon wilayah dan nomor telepon beberapa kota pada ilustrasi
- • Menentukan persamaan/perbedaan isi teks
- Menentukan pesan pantun
- Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita dengan kata tanya: bagaimana, mengapa
- Menentukan watak tokoh cerita
- Menentukan amanat cerita
- Mentukan latar cerita
- Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
- Menentukan tema cerita
- Menentukan maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
- Menentukan pesan pantun
- Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita dengan kata tanya: bagaimana, mengapa
- Menentukan watak tokoh cerita
- Menentukan amanat cerita
- Mentukan latar cerita
- Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
- Menentukan tema cerita
- Menentukan maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
2. Kisi-kisi Soal US Matematika SD/MI Tahun ajaran 2016/2017
Materi : Operasi Hitung Bilangan
3. Kisi-kisi Soal US IPA SD/MI
Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan
- Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
- Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
- Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)
- Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat (positif dan negatif)
- Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.
- Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi.
- Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka.
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan FPB atau KPK.
- Menghitung operasi bilangan suatu bilangan pangkat
- Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan tiga
- Menghitung operasi bilangan suatu bilangan akar
- Menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar
- Menyederhanakan pecahan
- Mengurutkan berbagai bentuk pecahan
- Menentukan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
- Menentukan hasil operasi perkalian atau pembagian bilangan pecahan
- Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
- Mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berbagai bentuk pecahan.
- Menyelesaikan masalah tentang perbandingan senilai dengan tema tertentu.
- Menyelesaikan soal tentang skala yang berkaitan dengan tema tertentu.
3. Kisi-kisi Soal US IPA SD/MI
Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan
- Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu.
- Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut.
- Menentukan dasar pengelompokan hewan.
- Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
- Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
- Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu .
- Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap.
- Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar.
- Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat.
- Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis).
- Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan.
- Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan berdasarkan ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan.
- Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu.
- Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya.
- Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
- Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
- Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
- Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentuberdasarkan kasus di suatu daerah.
- Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah.
- Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan.
- Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, atau banjirberdasarkan kasus yang disajikan.
Link Download (100% work):