Seleksi Calon Atase Pendidikan dan Kebudayaan 2016 Segera

Seleksi Calon Atase Pendidikan dan Kebudayaan 2016 Segera - Pada tanggal 6 September Kementerian Pendidikan dan kebudayaan resmi mengeluarkan pengumuman seleksi penerimaan calon Atase yang bersifat sangat segera. Perlu diketahui bersama bahwa Atase adalah sebuah lembaga (kantor) kementerian teknis yang berada di luar negeri (Kedutaan). Bagi Anda yang ingin mendaftar menjadi tenaga di kedutaan Pendidikan dan Kebudayaan, simak informasi dibawah ini. 

Atase Kemdikbud

Penerimaan Calon Atase Pendidikan Kebudayaan 2016 - Dalam rangka melengkapi hasil seleksi calon Atase Pendidikan dan Kebudayan (Atdikbud) yang telah diperoleh sebelumnya dengan kualifikasi setara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka kembali kesempatan kepada PEgawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kemendikbud dan Kemeterian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, PNS yang pernah dipekerjakan sebagai Kepala Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) serta Dosen pada Perguruan Tinggi di lingkungan Kemenag yang berminat mengembangkan wawasan di bidang kerjasama pendidikan dan kebudayaan serta memenuhi persyaratan yang ditentukan untuk mengikuti seleksi pengisian jabatan Atdikbud pada kantor perwakilan RI di Bangkok, Riyadh, Canberra, dan Manila.


Adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah;
1. Persyaratan Umum
  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Pendidikan minimal magister dari prodi yang terakreditasi BAN-PT
  • Pangkat serendah-rendahnya pembina, golongan ruang IV/a
  • Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan hasil tes laboratoriun (darah,urine, EKG) dari dokter
  • Sedang/pernah berkedudukan sebagai pejabat minimal pengawas/eselon IV/a paing singkat 1 tahun, atau pejabat fungsional tertentu minimal jenjang madya, atau bagi dosen minimal jenjang lektor, atau PNS yang penah menjadi kepala SILN
  • Memiliki pemahaman tentang visi, misi dan rencana strategis pendidikan dan kebudayaan
  • Diutamakan memiliki pengalaman di bidang kerjasama dan pengelolaan administrasi keuangan
  • Usia belum 52 tahun pada saat mendaftar
  • Setiap unsur penilaian Prestasi Kerja PNS 2 tahun terakhir bernilai baik, dengan unsur prestasi kerja amat baik, dan 
  • Aktif berbahasa inggris lisan dan tulis yang ditunjukkan dengan skor TOEFL Internasional 550 atau IELTS: 6,5
2. Persyaratan Khusus
  • Memiliki wawasan dan pengetahuan yang memadai tentang negara, sistem pemerintahan sistem pendidikan, dan kultur budaya negara akretasi (negara tempat bertugas)
  • Memiliki pemahaman tentang visi, misi dan program kerja Kantor perwakilan RI di luar negeri termasuk yang menjadi tugas pokoknya di bidang kerjasama pendidikan dan kebudayaan
  • Mampu mengoperasikan sarana teknologi informasi dan komunikasi dengan baik
  • Aktif berbahasa Arab bagi calon Atdikbud pada kantor perwakilan RI di Riyadh

3. Bagi PNS yang pernah mengikuti seleksi Atdikbud tahun 2015 tidak perlu mengikuti seleksi kembali karena hail seleksi tersebut masih dipertimbangkan

4. Bagi PNS yang memenuhi persyaratan umum dan khusus akan mengikuti seleksi selanjutnya yaitu tes kepribadian (psikotes dan Leaderless Group Discussion) dan tes kompetensi (presentasi dan wawancara). Jadwal seleksi tersebut akan diinformasikan lebih lanjut pada laman http://sdm.kemdikbud.go.id:8080/atdikbud.

Kami sampaikan bahwa biaya akomodasi dan konsumsi peserta selama mengikuti seleksi ditanggung oleh panitia penyelenggara. Biaya transportasi (pergi-pulang) ditanggung oleh unit kerja pengusul

5. Pengajuan usul mohon disampaikan oleh pimpinan unit kerja yang membidangi SDM/Kepegawaian kepada sekretaris Jenderal Kemendikbud u.p Kepala Biro Kepegawaian, Gedung C Lantai 5, Jalan Jenderal Sudirman Senayan, Jakarta Pusat atau melalui email: ropegmjf@kemdikbud.go.id selambat-lambatnya pada tanggal 20 September 2016 pukul 16.00 WIB, dengan melampirkan: 

  • Surat permohonan yang bersangkutan ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kemendikbu, dengan tembusan kepada Pimpinan unit kerja yang bersangkutan
  • Surat Izin mengikuti seleksi Atdikbud dari pimpinan unit kerja yang bersangkutan minimal eselon II
  • Riwayat hidup memuat informasi data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman pekerjaan/jabatan (manajerial atau akademik)/organisasi, pengalaman di bidang pengelolaan kerjasama dan kemampuan bahasa asing; 
  • Proposal dalam bahasa inggris mengenai : Pembangunan kerjasama bidang Pendidikan dan KEbudayaan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia dan daya saing INdonesia, atau Upaya memperkuat diplomasi budaya dan bahasa indonesia di luar negeri disesuaikan dengan konteks negara yang dituju; 
  • Copy ijazah pendidikan formal tertinggi; 
  • Copy SK kenaikan jabatan dan pangkat terakhir;
  • Copy SK pengankatan sebagai kepala SILN bagi PNS yang pernah dipekerjakan sebagai kepala SILN; 
  • Copy sertifikat TOEFL internasional atau IELTS bahasa inggris; 
  • Surat Keterangan dokter pemerintah yang menyatakan sehat jasmani dan rohani dan hasil uji laboratorium. 

Calon peserta seleksi yang tidak melampirkan kelengkapan berkas sebagaimana tersebut pada angka 5 tidak akan kami proses lebih lanjut. Adapun proposal diserahkan paling lambat tanggal 25 September 2016. 

Related Posts

Load comments