Surat MenPAN-RB Terkait Penerimaan ASN Baru 2016

Surat MenPAN-RB terkait Penerimaan ASN Baru 2016 - Masyarakat Indonesia banyak yang telah menunggu surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) terkait adanya penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru. Namun, kenyataanya berbeda dengan apa yang diharapkan oleh kebanyakan masyarakat yang telah lama dan sudah tidak sabar menanti datangnya pendaftaran CPNS baru tahun 2016. Surat yang dikeluarkan pada tanggal 25 Juli 2016 tersebut telah membuat luka yang mendalam dihati para penanti lowongan CPNS untuk tahun 2016 ini. Apa saja isinya? mari simak informasi lengkapnya dibawah ini;

Surat Menpan-RB terkait penundaan penerimaan ASN baru 2016

Penundaan Penerimaan Pegawai Baru - Surat yang dikeluarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dengan nomor surat: B/2361/M.PAN-RB/07/2016 yang berisi mengenai hal: Informasi Mengenai Pengadaan Pegawai ASN tahun 2016 yang ditujukan kepada para Gurbernur, Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia tersebut berisi kurang lebihnya tentang penundaan melakukan penerimaan pegawai baru dalam tahun 2016 dengan berbagai pertimbangan dan alasan. Untuk mengetahui lebih detailnya isi dari surat tersebut, berikut kutipannya; 


MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI
REPUBLIK INDONESIA


Yth.
Para Gurbernur, Bupati dan Walikota
di tempat

Sebagaimana komitmen Pemerintah Kabinet Kerja 2015-2019, dan arahan Presiden dalam sidang Kabinet/Rapat Kerja tanggal 7 Juni 2016 bahwa setiap Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah perlu melakukan penghematan penggunaan anggaran yang leibh diarahkan untuk memperbesar belanja modal. Disamping itu, dipastikan agar anggaran yang telah didesikasikan untuk rakyat benar-benar berjalan secara efisien dan dijaga dengan penuh integritas dalam rangka mendukung Nawacita. Terkait dengan hal tersebut, diharapkan Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten/kota melakukan efisiensi penggunaan angaran belanja di luar belanja modal antara lain dengan cara menunda melakukan penerimaan pegawai baru dalam tahun 2016.

Sehubungan dengna hal tersebut di atas, Pemerintah dalam tahun 2016 sangat membatasi penerimaan pegawai baru dari pelamar umum, terkecuali untuk pengangkatan Dokter, Dokter gigi, dan Bidan PTT Kementerian Kesehatan. Guru Garis Depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, THL-TB Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian setelah lulus seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), lulusan pendidikan kedinasan/pola pembibitan dan pengadaan formasi tahun 2014 di lingkungan pemerintah Provinsi dan beberapa Pemerintah Kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat yang pelaksanannya ditunda, serta Provinsi Kalimantan Utara sebagai Daerah Otonom Baru (DOB0 tahun 2012. 

Dalam kaitan hal tersebut, kami minta agar Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten/kota segera melaksanakan re-distribusi pegawai, baik secara internal maupun antar instansi seperti yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dan Badan Intelegen Negara. 

Demikian atas perhatian Saudara disampaikan terima kasih. 

Tertanda 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, M.E

yang ditembuskan pada Presiden RI, Wakil Presiden RI, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Sekretaris Kabinet dan Kepala Badan Kepegawaian Negara. 

Itulah tadi isi mengenai surat penundaan penerimaan calon pegawai baru (CPNS) pada tahun 2016 ini. Semoga para penanti lowongan CPNS bisa bersabar dan tetap berbesar hati menunggu datangnya penerimaan pegawai baru (CPNS).  berikut adalah gambar dari surat aslinya;
klik untuk memperbesar

Kita semua harus berpikir positif mengenai jadwal penerimaan pegawai negeri baru (CPNS) tahun 2016 ini. Sebagai bangsa yang besar, kita harus tetap menghargai dan menjungjung tinggi keputusan yang dibuat oleh pemerintah kita. Dan tidak boleh saling menyalahkan, karena hal tersebut akan membuat perpecahan dan ketidak percayaan kita terhadap pemerintah. 

Tetap berpikir jernih dan Good Luck...

Related Posts

Load comments