Kampus Terbaik untuk SNMPTN 2016 Prodi Saintek


Bangsaku.web.id - Kampus Terbaik untuk Prodi Saintek. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2016 sebentar lagi akan memasuki masa-masa pendaftaran bagi siswa SMA. Namun, kebanyakan masalah yang timbul yaitu masih kebingungan memilih tempat untuk kuliah dan jurusan yang diambil. Karena jika salah mengatur strategi untuk memilih jurusan di sebuah universitas maka bukan tidak mungkin pendaftaran lewat jalur SNMPTN tidak akan diterima di Universitas yang kita inginkan. 

Tahun ini, terdapat kurang lebih 78 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dapat menjadi pilihan pelajar SMA/Sederajat untuk pilihan tempat kuliah pada saat mendaftar SNMPTN. Berdasarkan data SNMPTN tahun sebelumnya, kelompok program sturi (Prodi) Sain Teknologi (Saintek) atau biasanya dikenal dengan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), jurusan seperti Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, dan Teknik Informatika selalu menjadi favorit para peserta. 
Supaya lebih mantab lagi dengan pilihan Anda saat ini, kali ini bangsaku akan memberikan beberapa informasi yang bisa dibuat pertimbangan dalam memilih tempat kuliah untuk prodi yang kita inginkan, Beberapa kampus ini menyediakan prodi-prodi favorit serta mempunyai Akreditasi A berdasarkan Badang Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) seperti yang dilansir dari okezone


1. Teknik Informatika

Prodi yang berhubungan dengan dunia teknologi dan informasi ini belakangan sangat banyak diminati oleh pelajar Indonesia. Karena seiring dengan kemajuan dunia teknologi yang menuntut semua industri maupun perusahaan menggunakan barang-barang elektronik yang serba canggih dan terkomputerisasi. Pada SNMPTN Tahun lalu, prodi ini menjadi terfavorit pada kelompok saintek mengalahkan kedokteran. Selain biaya kuliah yang terjangkau prodi Teknik informatika juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa lulus dan mendapatkan gelar S-1.

Berdasarkan data BAN-PT tahun 2016, Kampus yang memiliki Akreditasi A untuk prodi Teknik Informatika dan menjadi kampus tujuan peserta SNMPTN 2016 adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. 
Baca Juga: Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja Tinggi

2. Farmasi 

Selain teknologi, industri farmasi di Indonesia juga mengalami perkembangan yang signifikan. Pada SNMPTN tahun lalu, prodi Farmasi ini juga menjadi salah satu Prodi Favorit yang dipilih untuk kelompok Saintek.

Berdasarkan data Ban-PT, Kampus yang memiliki Akreditasi A untuk prodi Farmasi dan menjadi kampus tujuan peserta SNMPTN 2016 adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Andalas (Unand), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Sumatera Utara (USU). 


3. Ilmu Kesehatan Masyarakat

Pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi dan juga diiringi dengan jumlah penduduk yang sangat tinggi di negara Indonesia, membuat masalah kesehatan semakin tidak ada habisnya. Banyak sekali tenaga kesehatan yang dibutuhkan di negara ini, karena jumlah orang yang sakit semakin tahun jumlahnya semakin banyak. Untuk itulah, prodi kesehatan masyarakat semakin banyak diminati oleh para peserta SNMPTN. Tahun lalu hampir 50 ribu siswa SMA mendaftar pada jurusan ini.

Kampus yang memiliki akreditasi A pada prodi ini dan menjadi tempat tujuan SNMPTN 2016 adalah Universitas Airlangga (Unair), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Universitas Indonesia (UI). 
Baca Juga: PTN Terbaik di Indonesia 2016

4. Kedokteran

Prodi kedokteran adalah prodi yang tidak pernah sepi peminatnya. Untuk menjadi seorang dokter dibutuhkan biaya yang cukup banyak dan waktu tempuhnya juga lama. Indonesia masih kekurangan dokter sampai saat ini, khususnya untuk daerah-daerah terpencil dan terpelosok di wilayah Indonesia. 

Hampir Setiap PTN memiliki prodi Kedokteran. Namun tidak banyak PTN yang mempunyai prodi kedokteran dengan Akreditasi A. Kampus yang memiliki akrekditas A untuk prodi ini adalah Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Padjajaran (Unpad).
Baca Juga: Kampus Unggulan di Indonesia

Itulah tadi beberapa Tempat Kuliah yang memiliki Akreditasi A untuk prodi yang sesuai dengan kelompok Saintek di SNMPTN 2016 ini. Pertimbangkanlah secara matang mengenai tempat kuliah, selain kebesaran namanya pertimbangkan juga tempat atau lokasi kuliahnya, karena lingkungan hidup juga sangat menentukan dalam proses studi untuk meraih kesuksesan. Selamat Mencoba dan semoga sukses...

Related Posts

Load comments