Ciri-ciri guru yang profesional

Ciri Guru Profesional

Bangsaku.web.id - Ciri-ciri Guru Profesional. Guru adalah seseorang yang menjadi panutan bagi siswa, bagaimanapun tingkah laku guru pasti akan ditiru oleh murid-muridnya. Ada pepatah jawa yang mengatakan bahwa "guru iku digugu lan ditiru", artinya adalah bahwa perkataan dari guru itu akan diikuti oleh murid-muridnya dan setiap tindak-tanduknya akan diikuti juga oleh muridnya. Seorang guru juga mendapat julukan pahlawan tanpa tanda jasa, karena berkat kesabaran dan kegigihannya mendidik siswa, sehingga bisa menjadi orang yang berhasil.

Kualitas guru yang bagus sangatlah diperlukan untuk membantu program pemerintah dalam membangun bangsa yang bermatabat dan kokoh. Memiliki seorang guru yang profesional dalam mengajar adalah sesuatu yang sangat penting yang harus dimiliki oleh tiap sekolah. Seiring berjalannya waktu, jumlah guru di Indonesia yang mendapatkan upah/penghasilan yang kurang sesuai sangatlah banyak, karena tidak semua guru berstatus sebagai PNS, namun hal tersebut bukanlah hal yang seharusnya membuat kualitas mengajar seorang guru menjadi menurun. Seorang guru profesional memiliki ciri-ciri sebagai berikut:


Keikhlasan
Apabila Anda adalah seorang guru, sudahkah Anda mengajar murid-murid Anda dengan ikhlas? ikhlas yang dimaksud adalah bahwa Anda sudah memberikan ilmu kepada murid dengan sepenuhnya, tanpa ada rasa bahwa ilmunya akan disaingi oleh muridnya. Seorang guru yang profesional adalah guru yang menyadari tugas dan fungsinya sebagai seorang guru, tidak memandang upah yang diterima dalam mengajarkan ilmunya ke siswa. Selalu memberikan yang terbaik untuk muridnya. 

Kesabaran 
Tidak semua siswa mempunyai kualitas yang sama dalam menerima pelajaran yang diajarkan oleh seorang guru, maka dari itu kesabaran adalah kunci sukses seseorang guru dalam mendidik siswanya. Seorang guru harus mempunyai sebuah keyakinan bahwa kelak siswanya dapat menjadi seseorang yang sukses, meskipun siswa tersebut tergolong nakal. Kesuksesan dapat diraih dari berbagai bidang, mungkin siswa kita kurang bisa tentang pelajaran yang kita ajarkan, namun dia di bidang keahlian lain dia sangat menguasai. Maka dari itu, sebagai seorang guru harus tetap sabar mengajari siswanya. 

Mengajarkan sesuatu yang bermanfaat
Selain menjelaskan tentang materi yang diajarkan, seorang guru yang profesional dapat menjelaskan manfaat-manfaat yang diambil dari pelajaran yang diperoleh pada hari itu. Jika materi yang dijelaskan kurang ada hubungannya dengan kehidupan di lingkungan sekitar, maka seorang guru yang profesional dapat menambahkan ilmu-ilmu lain yang bermanfaat yang dapat berguna bagi siswa untuk kehidupan kedepannya kelak. 

Mempunyai tujuan yang jelas
Sebelum mengajarkan mengenai materi, ada baiknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari pembelajaran, supaya siswa dapat memahami manfaat yang diperoleh dan akhirnya tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Seorang guru yang profesional dapat menetapkan tujuan dari setiap pembelajarannya secara jelas. 

Memiliki keterampilan dalam mendidik siswa agar disiplin
Seorang guru yang profesional dapat mengendalikan siswanya supaya disiplin dalam mengikuti proses belajar mengajar. Ia mampu membuat suasana kelas yang gaduh menjadi terfokus pada pembelajaran, apabila materi yang diajarkan kurang menarik, ia mampu membuat sebuah inovasi yang membuat siswa menjadi tertarik mengikuti setiap pelajarannya.

Di zaman yang serba modern, guru profesional juga dituntut supaya dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan teknologi dalam mengajar, seperti menggunakan laptop dan viewer(LCD proyektor) supaya lebih mudah dalam penyampaian materi dan siswa juga lebih tertarik untuk mengikuti pelajarannya. 
Baca Juga: Guru ini mengajar pakai Wayang dan lagu Noah
Mampu berkomunikasi dengan siswanya
Seorang guru yang profesional dapat berkomunikasi secara baik dengan siswanya. Ia dapat menyampaikan dengan jelas setiap materi pelajaran, apabila ada siswanya yang kelihatan masih kebingungan, coba ditanya kembali dan dijelaskan secara personal, karena daya terima/serap setiap siswa berbeda-beda. 

Memahami siswanya dan menjalin hubungan yang baik 
Seorang guru yang profesional dapat memahami karakteristik cara belajar setiap siswanya. Jadi, dengan mengetahui karakteristiknya Ia dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan setiap siswa, sehingga dapat menemukan jalan keluar setiap permasalahan dalam belajar yang ada pada siswanya. 

Menguasai materi yang diajarkan
Seorang guru yang profesional adalah guru yang terus mengupdate ilmunya, terus belajar supaya lebih mudah dalam mengajarkan, menemukan ide-ide atau cara khusus dalam mentransfer ilmu kepada siswanya. 

Related Posts

Load comments