Inilah Penyebab Tenaga Honorer K2 Gagal Menjadi PNS

Penyebab Tenaga Honorer Tidak Jadi PNS - Beberapa waktu yang lalu, banyak para tenaga Honorer yang melakukan aksi demo supaya mereka diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil, sehingga marak di media-media indonesia membahas mengenai kemungkinan-kemungkinan yang terjadi apabila mengangkat mereka semua menjadi PNS. tetapi pada akhirnya mereka semua tidak jadi diangkat menjadi PNS walaupun ada yang sudah mengabdi bekerja untuk negeri ini selama puluhan tahun. Berikut berita lengkapnya mengenai penyebab gagalnya tenaga honorer K2 menjadi PNS.
tenaga honorer demo meminta diangkat menjadi PNS
JAKARTA – Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Bambang Dayanto Sumarsono blak-blakan mengungkapkan fakta di balik pembahasan RPP Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN). Katanya, ada beberapa instansi yang menolak ada cantolan pengangkatan honorer kategori dua (K2) di dalam RPP Manajemen ASN.

“Kami sudah berjuang hingga di Setneg agar ada pasal honorer K2 di RPP Manajemen ASN. Namun seluruh instansi terkait kompak menolak," kata Bambang.

Dia menyebutkan instansi yang menolak diantaranya Sekretariat Negara (Setneg), Sekretariat Kabinet (Setkab), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kemenhum-HAM. Mereka beralasan, RPP Manajemen ASN sifatnya permanen. Sedangkan honorer K2 sifatnya temporer dan merupakan produk politik.

“Kami sudah meyakinkan instansi-instansi tersebut, kalau penyelesaian K2 memang harus melalui pendekatan politik juga. Sebenarnya di aturan peralihan dalam RPP Manajemen ASN bisa dimasukkan, namu‎n usulan ini dtolak mentah-mentah," bebernya.

Dia menambahkan, pihaknya sengaja membeber fakta ini agar honorer K2 bisa memahami mengapa sampai saat ini PP pengangkatan mereka menjadi CPNS belum ada‎.(esy/jpnn)
sumber: jpnn

baca juga: Menjadi PNS Tanpa Tes (sesuai kebijakan Menpan & RB)

Related Posts

Load comments