Sekolah SMA ke Luar Negeri 1 Tahun, Buruan Daftar!

Pertukaran Pelajar ke luar negeri 1 tahun

Bangsaku.web.id - Pertukaran Pelajar SMA ke Luar Negeri. American Field Service (AFS) menyediakan program pertukaran pelajar SMA ke 32 negara di seluruh dunia. Program ini di peruntukkan bagi siswa SMA. Pertukaran ini tidak hanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan, tetapi juga berkaitan dengan budaya dari masing-masing negara. Apakah kalian tertarik untuk mengikutinya! ikuti informasinya berikut ini.

Direktur Eksekutif Yayasan Bina Antar Budaya, Nina Nasution menerangkah bahwa program ini sebenarnya hanya diperuntukkan bagi para pelajar kelas X SMA. Namun Calon peserta pertukaran pelajar harus terlebih dahulu mendaftarkan dirinya secara online di website Bina Antar Budaya.
Baca Juga: Cara Pelajar ke Luar Negeri Tanpa Menggunakan Beasiswa
Pendaftaran dibuka pada bulan Maret 2016 nanti dan akan tertera jelas persyaratan dan waktu ujiaannya yang ditentukan," Ujar Nina saat Konferensi Pers 60 Tahun AFS Intercultural Programs di Indonesia dan 31 Tahun Yayasan Bina Antarbudaya di kuningan Jakarta, seperti yang dilansir dari republika.co.id Selasa (9/2).


Para pelajar SMA diharapkan untuk mendaftar pada saat duduk di bangku kelas X. Namun kegiatan pertukarannya baru terlaksana saat mereka menginjak kelas XI dan akan berakhir pulang ke Indonesia saat kelas XII. Masa pertukran pelajar ke sejumlah negara berlangsung selama satu tahun lamanya.

Siswa yang memiliki kesempatan besar dapat dipilih untuk menjadi peserta pertukaran pelajar ini adalah siswa yang bisa berbicara bahasa inggris dan memilik kemampuan akademis bagus. Namun hal yang paling penting adalah mereka memiliki wawasan luas dan kemampuan khusus dalam mengeksplorasi budaya yang ada di Indonesia, bisa dengan cara menunjukkan budaya yang ada di daerahnya. 

Persyaratan yang harus dipenuhi saat pendaftaran adalah melampirkan surat izin dari pihak orang tua dan sekolah. Sekolah peserta juga harus memiliki koneksi tertentu dengan AFS. Hal ini karena berkaitan erat dengan ujian nasional yang akan dihadapi peserta saat kembali dari negara yang dikunjungi selama satu tahun. 
Baca Juga: Cara Menulis Esai untuk persyaratan Beasiswa
Ujian untuk seleksi peserta pertukaran pelajar ini terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah ujian tertulis seperti menlis esai dan mengerjakan soal. Tahap kedua dilaksanakan jika calon peserta lolos pada tahap pertama. Tahap kedua peserta akan menghadapi wawancara baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Selanjutnya tahap kelompok yang di dalamnya terdapat kegiatan tertentu.

Pada tahun 2015 hingga awal 2016 terdapat 55 pelajar Indonesia yang sedang menjalankan program ini di 21 negara. Sementara pada tahun 2016 sampai 2017 yang akan datang rencananya akan ada 66 pelajar Indonesia akan menjalankan program pertukaran pelajar dan ditempatkan di sekitar 24 atau 25 negara.

Para calon peserta yang lolos seleksi dan dinyatakan diterima akan dikirim ke luar negeri untuk belajar di sekolah negara tujuan selama satu tahun lamanya, selain itu para peserta akan ditempatkan di salah satu keluarga yang telah bersedia menjadi host family. Melalui penempatan ini, para peserta akan mencoba mempelajari dan memahami budaya mereka yang jelas berbeda. Namun sebelumnya mereka juga sudah diajarkan untuk bisa membedakan mana yang boleh dicontoh atau tidaknya.

Program AFS ini sudah berjalan di Indonesia selama 60 tahun di Indonesia. selama 31 tahun ini, Program AFS sendiri diselenggarakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya. Jika kamu(pelajar SMA) tertarik untuk mendaftar atau (orang tua)punya keinginan untuk mendaftarkan anaknya, langsung saja buka halaman resminya di www.bina-antarbudaya.or.id untuk mendaftar secara online. 

Related Posts

Load comments